9 Rahasia Langkah Mudah Hafal Al Quran

9 Rahasia Langkah Mudah Hafal Al Quran

posted in: Berita | 0

9 Rahasia Langkah Mudah Hafal Al Quran

Para pencinta Al Qur’an yang dirahmati Allah SWT

Sebagai seorang muslim, menghafal Al Qur’an dan mengamalkannya adalah impian hidup kita. Tapi, kita sering beralasan hingga saat ini kita tak kunjung berusaha untuk menghafal Al Qur’an.

Apa rahasia untuk lebih mudah menghafal Al Qur’an?

Saya akan menyampaikan 9 rahasia langkah mudah hafal Al Qur’an, yang diambil dari buku 9 asrar litahfizil qur’an karya Majdi Obaid Al Hafizh yang sudah diterjemahkan. Semoga mampu membuktikan janji Allah SWT sesuai ayat berikut ini:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” ( QS al Qomar, 54: 17, 22, 32, 40 )

Ada 9 langkah mudah menghafal Al Qur’an yang dijabarkan menjadi tiga bagian :

I   Kejiwaan (psikologi), diantaranya :

1. Cinta, rindu dan keinginan yang menyala-nyala.

2. Ikhlas, tawakal dan berdoa.

3. Jangan banyak alasan.

4. Keyakinan diri dan berfikir positif.

Masalah inilah yang seringkali diabaikan dalam menghafal Al-Qur’an. Padahal menghafal memiliki hubungan yang kuat dengan urusan jiwa dan ruh yang terkait dengan mentalitas iman kita.

II Rahasia teknik (metode), diantaranya :

5. Relaksasi dan kondisi belajar yang ideal.

6. Visualisasi.                        

7. Optimalisasi panca indera.

Menjelaskan keterampilan dan inovasi untuk menghafal Al-Qur’an berdasarkan pada riset kekuatan pikiran dan metode belajar cepat.

III Rahasia Manajemen, mencakup 2 hal yaitu:

8. Murajaah yang teratur.

9. Menetapkan tujuan dan menyusun perencanaan

Pemaparan yang berkaitan dengan urusan mengelola waktu, review hafalan secara berkelanjutan, dan bagaimana membuat target dan tahapan dalam menghafal.

Kita perlu juga mengetahui faktor-faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an selain 9 langkah yang disebutkan diatas. faktor – faktor terssebut diantaranya bagaimana memilih waktu yang tepat, kapan saja waktu yang harus dihindari, lokasi untuk menghafal, sampai pentingnya menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup, minum air  putih, olah raga, dan makan makanan yang menyehatkan.

Itulah 9 langkah mudah dalam menghafal Al-Qur’an dan faktor pendukungnya menurut Syekh Majdi Obaid al Hafizh, semoga bermanfaat dan kita memiliki bekal hafalan Al Qur’an dalam hidup kita walaupun sedikit hanya beberapa surah saja. Amin

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:
“Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Quran sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh”. (Hadits diriwayatkan oleh Tirmizi dari Ibnu Abbas (2914), ia berkata hadits ini hasan sahih.

Oleh: Heri Mahbub N

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply