Al Quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia

Al Quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia

posted in: Berita | 0

Al Quran Sebagai Pedoman Hidup Manusia

Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang tak pernah berubah dan selalu dijaga keasliannya sejak pertama kali diturunkan. Allah SWT menurunkan Al Quran melalui proses yang panjang dan tidak instan dalam satu kali turun. Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui serangkaian peristiwa atau dikenal dengan asbabunnuzul. Asbabunnuzul adalah sebab diturunkannya ayat-ayat Al Quran ke Dunia. Sebab-sebab inilah yang kemudian menjadi syariat Islam.

Al Quran yang diturunkan mengandung pedoman hidup bagi umat manusia. Al Quran yang bersumber langung dari Allah SWT menuntun umat manusia ke jalan yang benar dan sesuai dengan fitrah manusia. Adapun iblis senantiasa menggoda dan mengajak umat manusia agar terjerumus kedalam jalan yang salah dan menyalahi fitrah manusia. Al Quran sebagai pedoman hidup manusia memiliki pembahasan seputar kisah-kisah Nabi dan Rasul terdahulu sebelum Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Yusuf Ayat 111 :

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS : Yusuf Ayat 111)”

Di dalam surat Yusuf ayat 111 Allah SWT menjelaskan bahwa di dalam Al Quran terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Kisah-kisah yang terdapat dalam Al Quran merupakan teladan dan pelajaran. Ada dua poin penting dalam ayat diatas yaitu :

1.Kisah dalam al-Quran menjelaskan kenyataan serta memberikan pelajaran berharga, dan bukanlah hasil imajinasi seorang penulis.

2.Jika mereka yang berakal merenungkan isi al-Quran, maka mereka pasti mendapat petunjuk karena kebenaran dalam al-Quran akan membuat hati mereka cenderung untuk beriman.

Al Quran sebagai pedoman hidup manusia adalah kebenaran yang diberikan oleh Allah SWT. Sejak Nabi Adam AS diturunkan ke Dunia, pada hakikatnya manusia merupakan khalifah yaitu pemimpin bagi diri sendiri, pemimpin bagi keluarga, dan pemimpin bagi umat manusia. Nabi Adam AS sejak pertama kali telah menyeru kepada kebenaran yaitu Allah SWT. Adapaun tipu daya syaitan membuat anak cucu adam yang mempunyai sifat pelupa hingga saat ini terjerumus kedalam jalan kemungkaran. Maka dari itu Allah SWT mengutus para Nabi dan Rasul kepada manusia untuk kembali kejalan-Nya. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang membawa Al Quran sebagai rahmat seluruh alam.

Baca kisah-kisah lengkap serta pembahasan Ayat-ayat Al Quran lewat Al Quran Amazing 101 in One yang dilengkapi dengan Pena Digital (E-Pen) .

Hubungi segera 082214488800/ Pin BB 7CF1F0B6

Atau pesan Online di katalog Quran Cordoba

Quran Cordoba

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply