Buku Sahih Bukhari Muslim: Berisi Hadis-hadis Sahih Sebagai Referensi di Rumah

posted in: Berita, Produk, Promo | 0
Imam An Nawawi mengatakan Kitab Shahih Muslim sebagai salah satu kitab yang paling shahih—setelah Alquran—yang pernah ada.
Imam An Nawawi mengatakan Kitab Shahih Muslim sebagai salah satu kitab yang paling shahih—setelah Alquran—yang pernah ada.

Sudahkah kamu memiliki atau tahu tentang Buku Shahih Bukhari Muslim? Atau mungkin sudahkah kamu mengetahui buku terjemahannya? Sudah banyak lo di pasaran penerbit yang menerjemahkannya.

Sebagaimana mengutip perkataan Imam An Nawawi di atas, sebaiknya kamu memiliki nya di rumah.

 

Buku ini dijual di pasaran dengan harga jual Rp 199.000 dengan tebal 1.446 halaman.

 

Tahu tentang Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim?

 

Nama Imam Bukhari adalah Muhammad, putra dari Isma’il bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Ju’fi. Beliau biasa disebut Abu Abdillah, dilahirkan pada Jumat setelah salat Jumat pada 13 Syawal 194 H di Bukhara (Bukarest).

Saat beliau masih kecil, ayahnya sudah meninggal sehingga dia pun diasuh oleh sang ibu. Ketika kecil kedua mata sang imam buta.

Suatu ketika ibunya bermimpi melihat Nabi Ibrahim berkata kepadanya, “Wahai ibu, sesungguhnya Allah telah memulihkan penglihatan putramu karena banyaknya doa yang kamu panjatkan kepadaNya.”

Pagi harinya dia dapati penglihatan anaknya telah sembuh.

Imam Bukhari memiliki kekuatan hafalan yang masyaa Allah. Beliau dalam umur sepuluh tahun sudah menghafal hadis.

Seperti yang diceritakan oleh Muhammad bin Al Azhar As Sijistani rahimahullah: “Dahulu aku ikut hadir dalam majelis Sulaiman bin Harb sedangkan Bukhari juga ikut bersama kami. Dia hanya mendengarkan dan tidak mencatat. Ada orang yang bertanya kepada sebagian orang yang hadir ketika itu, ‘Mengapa dia tidak mencatat?’ Maka orang itu pun menjawab, ‘Dia akan kembali Bukhara dan menulisnya berdasarkan hafalannya.’”

Maasyaa Allah, biografi lengkap bisa kamu baca di situs Muslim.or.id.

 

Sekarang mari kita simak sejenak biografi singkat tentang Imam Muslim. Beliau memiliki nama lengkap Abul Hasan Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Warad bin Kausyaz Al Qusyairi An Naisaburi.

Al-Qusyairi merupakan nisbah terhadap nasab (silsilah keturunan) dan An Naisaburi yakni nisbah terhadap tempat kelahiran beliau, yaitu Kota Naisabur, bagian dari Persia yang sekrang menjadi bagian dari Rusia.

Tentang al-Qusyairi, seorang pakar sejarah, ‘Izzuddin Ibnu Atsir, dalam kitab al-Lubab Fi Tahzibil Ansab (37/3) berkata: “al-Qusyairi adalah nisbah terhadap keturunan Qusyair bin Ka’ab bin Rabi’ah bin ‘Amir bin Sha’sha’ah, yang merupakan sebuah kabilah besar. Banyak para ulama yang menisbahkan diri padanya.”

Beliau dilahirkan pada tahun 204 H (menurut pendapat paling kuat) dan wafat pada tahun 261 H di Naisabur, sehingga usia beliau pada saat wafat adalah 55 tahun. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Abu Abdillah al-Hakim an-Naisaburi dalam kitab Ulama al-Amshar, juga disetujui an-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim.

Biografi lengkap beliau bisa kamu baca disitus Muslim.or.id.

 

Cuplikan hadis

 

Salah satu cuplikan hadis di kitab salam, bab menjawab salam termasuk hak muslim terhadap sesama muslim.

 

 

Hadis Abu Hurairah ra, dia bekata, Aku mendengar Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hak muslim atas muslim lainnya ada lima, yaitu menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengiringi jenazah, memenuhi undangan, dan mendoakan orang yang bersin.” HR. Bukhari, 23 – Kitabul Janaiz: 2- Bab Perintah mengiringi jenazah.

Kemudian bab orang yang naik kendaraan memberi salam kepada orang yang berjalan dan kelompok yang sedikit kepada kelompok yang banyak.

Hadis Abu Hurairah ra, dia berkata bahwa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hendaknya orang yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan dan yang berjalan memberi salam kepada yang duduk dan kelompok yang sedikit memberi salam kepada kelompok yang banyak.” HR. Bukhari 79 – Kitabul Istizan: 5 –  Bab orang yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan.

 

Kitab ini…

 

Alhasil buku Sahih Bukhari Muslim dengan judul asli Al-Lu’lu wal Marjan.’ Penyusunnya Muhammad Fuad Abdul Baqi, Penerbit PT. Cordoba Internasional Indonesia. Terdiri dari tiga bab, setebal 1446 halaman.

Buku ini terdiri atas 2.006 hadis. Penyusunan kitab ditujukan bagi pembaca agar mudah mengetahui seluruh hadis paling sahih dan valid dari derajatnya sehingga menjadi pedoman beramal dan konsisten dalam mengaplikasikannya.

Buku ini bisa menjadi referensimu di rumah. Ada banyak hadis yang bisa dibaca dan terapkan.

Tertarik ingin memilikinya? Bisa pesan langsung loh....

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply