Cara Cepat yang Terbukti Efektif Belajar Membaca Al Quran

Cara Cepat yang Terbukti Efektif Belajar Membaca Al Quran

posted in: Berita | 0

Masih ingat tentang jaminan Allah akan kemudahan balajar membaca Al Quran? Dalam surah Taha ayat 2, Allah SWT berfirman “Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah.” . Ayat tersebut menjelaskan jaminan Allah bahwa Al Quran dapat dipelajari dengan mudah. Bermodal firman Allah SWT dalam surah Taha tersebut kini hadir cara cepat yang terbukti efektif belajar membaca Al Quran dalam poin-poin berikut.

Kita tidak perlu terburu-buru untuk bisa membaca Al Quran, tetapi jika bisa dilakukan lebih cepat tentu jauh lebih baik. Lakukanlah beberapa langkah berikut ini secara teratur dan terus menerus untuk mempercepat kemampuan Kita dalam membaca Al Quran.

1. Banyak Mendengar

Perbanyaklah mendengarkan bacaan Al Quran baik melalui kaset mp3, yuoutube, radio, e-pen, dan media-media lainnya. Hal ini dimaksudkan agar telinga dan pikiran kita senantiasa terkondisi oleh bacaan Al Quran. Lakukanlah langkah ini sesibuk apa pun kita dengan berbagai aktivitas walaupun saat akan istirahat atau tidur. Lakukan saja! Sekalipun kita tidak benar-benar menyimak dengan baik ayat-ayat Al Quran yang dilantunkan.

Bukankah hanya dengan mendengarkan lagu atau nyanyian kita dapat menghafalkannya walaupun tidak serius? Begitu pula dengan Al Quran, ayat-ayat Al Quran yang didengarkan secara terus menerus akan mendorong kita untuk cepat hafal dan dapat menirukan bacaan yang dilantunkan oleh Qori tersebut.

Untuk mendengarkan mp3 beberapa ayat dengan lantunan suara yang merdu silahkan kunjungi link berikut : Tilawah Quran Ustad Hanan Attaqi.

Khusus untuk muslimah dengarkan lantunan ayat-ayat Al Quran oleh Qori wanita pada artikel ini : Murotal Quran Muslimah Juz 30.

2. Banyak Menyimak

Sering-seringlah menyimak bacaan Al Quran dengan cara mendengarkannya sambil ikut membaca melalui mushaf Al Quran yang dimiliki. Pastikan kita turut bersuara melantunkan ayat-ayat Al Quran tersebut. Jika dilakukan setiap hari, insya’allah dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa membaca Al Quran seperti suara Qori ( pembaca Al Quran) yang didengarkan. Buktikan saja!

3. Banyak Membaca

Rajinlah membaca Al Quran setiap hari, baik pada waktu-waktu yang telah disiapkan atau pada waktu luang yang kita miliki. Mulailah dengan formula 175 , yaitu 1 minggu 7 hari 5 halaman per hari. Artinya, berlatihlah setiap hari dan pastikan tiada hari tanpa membaca Al Quran dengan target minimal 5 halaman per hari ( lebih banyak lebih baik) . Insya’allah dalam waktu 4 bulan, bukan saja lancar membaca Al Quran, tapi kita juga sudah bisa khatam Al Quran.

 

4. Banyak Bergaul

Bergaul dengan orang yang salah, boleh jadi akan mengurangi atau bahkan menghilangkan semangat belajar kita. Karena itu, bergaul dengan orang-orang saleh di tempat-tempat pengajian menjadi langkah yang tepat untuk mempercepat kemampuan kita dalam membaca Al Quran.

Ikutilah secara rutin pengajian-pengajian yang diselenggarakan oleh masjid atau lembaga-lembaga Al Quran yang ada di sekitar kita. Asah terus kemampuan kita dalam membaca Al Quran dan kobarkan semangat membaca Al Quran bersama teman-teman, saudara, dan keluarga.

 

5. Banyak Berdoa

Yakinlah bahwa hakikatnya yang mengajarkan Al Quran adalah Allah semata, sebagaimana dalam Al Quran Surah Ar Rahman ayat 1-2 :

الرَّحْمَنُ (١)  عَلَّمَ الْقُرْآنَ (٢

“(Allah) yang Maha Pengasih,Yang telah mengajarkan Al Qur’an.”

Karena itu, bersungguh-sungguhlah dalam meminta kepada Allah agar Dia berkenan mengajari kita Al Quran, memberi rezeki berupa kemampuan membaca Al Quran, menurunkan rahmat dengan Al Quran, dan tentunya berdoa agar kita mendapatkan syafaat Al Quran. Amin.

Untuk memudahkan kita membaca Al Quran dimanapun dan kapankun, kini tersedia aplikasi Android Al Quran Tajwid Indonesia yang dapat di download pada link berikut : google play store .

Kunjungi Atau pesan Online Al Quran di katalog Quran Cordoba

 

Quran Cordoba

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply