Inilah Keseluruhan Isi Al Quran Yang Kita Baca

Inilah Keseluruhan Isi Al Quran Yang Kita Baca

posted in: Berita | 0

Allah SWT menciptakan manusia untuk suatu tujuan yang agung yaitu diperintah. Allah menciptakan manusia bukan untuk main-main, namun beribadah menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya sesuai dengan Firman Allah SWT berikut ini :

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS. Al Mu’minun: 115).

Allah SWT memerintahkan kepada manusia agar mempelajari Al Quran yang berisi petunjuk yang dapat mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya yang terang benderang sesuai dengan surat Ibrahim ayat 1 berikut :

 

الر كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ لِتُخْرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِ رَبِّهِمْ إِلَى

صِرَاطِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ (١

Alif, Laam Raa. (Ini adalah) kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Maha Terpuji. (QS. Ibrahim : 1)
Al Quran merupakan petunjuk Allah yang harus kita baca dan amalkan agar selamat di Dunia dan Akhirat. Inilah keseluruhan isi Al Quran yang kita baca sehari-hari dalam tiga pembahasan besar yaitu:

1. Al Quran Berisi Berita

Al Quran adalah kitab yang di dalamnya berisi berita yang kesemuanya terbukti benar. Fakta-fakta ilmiah serta berita mengenai peristiwa masa depan, dan masa lalu, yang tak mungkin dapat diketahui di masa itu, dinyatakan dalam ayat-ayat Al Quran. Di dalam Al Quran juga terdapat berita mengenai nama-nama Allah, sifat-sifat Allah, keagungan Allah, kemuliaan Allah, seperti pada surat Al Baqarah ayat 255 atau sering disebut dengan ayat kursi. Dalam ayat tersebut terdapat 5 nama-nama Allah dan 25 sifat-sifat Allah.
Di dalam Al Quran terdapat banyak kisah-kisah orang-orang serta nabi-nabi terdahulu seperti kisah Ashabul Kahfi, kisah Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi-Nabi yang lainnya. Semua kisah-kisah ini mengandung pelajaran yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan saat ini.

2. Al Quran Berisi Perintah dan Larangan

Di dalam Al Quran perintah terdapat banyak perintah dan larangan dari Allah sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi manusia. Perintah Allah yang pertama adalah mengajak manusia untuk bertauhid yaitu dalam awal surat al-Baqarah Allah ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai manusia! Sembahlah Rabb (Tuhan) kalian yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (Surat Al-Baqarah : 21)
Larangan Allah yang pertama bagi manusia adalah larangan untuk menyekutukan Allah dengan yang lainnya sesuai dengan ayat Al Quran berikut ini :

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَآءَ بِنَآءًوَأَنزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلاَ تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَندَادًا وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (Surat al-Baqarah: 22)
Setelah bertauhid kepada Allah maka terdapat perintah-perintah lainnya yang terangkum dalam rukun Islam yaitu Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji dan lainnya. Selain itu larangan-larangan Allah juga terdapat dalam Al Quran seperti larangan berzina, larangan memakan haram dan riba, dan larangan-larangan yang lainnya. Semua perintah dan larangan dari Allah telah dijalankan oleh Rasulullah SAW maka dari itu mencontoh dan menjalankan sunnah Rasulullah juga berarti menjalankan perintah dan larangan dari Allah SWT.
Dalam menjalankan perintah Allah SWT, diperlukan ilmu agar amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah diterima dan tinggi derajatnya di sisi Allah SWT. Ilmu terhadap perintah Allah mencakup empat poin yaitu :
1. Mengetahui perintah Allah SWT sesuai dengan dalilnya.
2. Mengetahui batasan, kaidah, serta kaifiyah melaksanakan perintah Allah SWT.
3. Mengetahui hikmah dan tujuan perintah Allah SWT.
4. Mengetahui keindahan perintah Allah SWT.
Simak poin lengkapnya pada pembahasan selanjutnya.

3. Al Quran Berisi Kabar Gembira dan Ancaman

Di dalam Al Quran terdapat kabar gembira tentang ganjaran yang diberikan oleh Allah kepada umat muslim yang melaksanakan perintah dan larangan Allah SWT sesuai dengan tuntunan dari Rasulullah SAW. Allah SWT memberikan janji akan nikmat di Dunia maupun nikmat di Akhirat berupa Surga.
Selain kabar gembira terdapat juga ancaman dari Allah SWT bagi siapapun yang menyekutukan-Nya, tidak menjalankan perintah dan larangannya, dan perbuatan-perbuatan yang mengakibatkan dosa baik dosa besar maupun dosa-dosa kecil.
Allah berfiman dalam surat An Nisa :

وأولُهُمْ نوحٌ عليهِ السلامُ، وآخِرُهُم محمدٌ صلى الله عليه وسلم وهو خاتِمُ النَّبيينَ والدليلُ على أنَّ أوَّلُهُم نوح قوله تعالى: إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ

(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu.“(An-Nisaa’ : 165)

فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih [Ali Imran : 21, At-Taubah : 34, Al-Insyiqaaq : 24]

Maka jadilah mukmin yang senantiasa berusaha untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan kabar gembira. Kabar gembira ini adalah kabar yang benar dan akan terjadi kelak bagi seluruh manusia.

Sumber : Video Ceramah Singkat: Memahami Isi Al-Qur’an – Ustadz Abu Qotadah.

 

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply