Membaca Al Quran Ternyata Dapat Menyehatkan Tubuh

Membaca Al Quran Ternyata Dapat Menyehatkan Tubuh

posted in: Berita | 0

Al Quran

adalah kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammadh SAW lebih dari 1400 tahun yang lalu. Al Quran mengandung banyak sekali ilmu serta ajaran-ajaran yang harus dikerjakan oleh umat Islam,namun demikian Membaca Al Quran Ternyata Dapat Menyehatkan Tubuh. Banyak sekali efek yang di dapat dari membaca Al Quran seperti efek psikologis manusia. Efek positif pada kesehatan seorang Muslim yaitu dalam hal tekanan darah, denyut jantung, dan tingkat persepsi stres.

Membaca Al Quran ternyata dapat menyehatkan tubuh juga telah dibuktikan secara ilmiah oleh beberapa ilmuwan.Dialah Dr. Al Qadhi yang melakukan sebuah penelitian di klinik besar Florida Amerika serikat tantang manfaat menbaca Al-Quran bagi seseorang. Dia menyimpulkan bahwa seseorang yang membaca ataupun mendengar bacaan ayat suci Al-Quran maka orang tersebut memiliki perubahan pada kondisi psikologisnya.Penurunan depresi, ketenangan jiwa, kesedihan menurun itulah yang dirasakan oleh seseorang yang dijadikan objek penelitian Dr Al Qadhi itu dengan memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran beberapa jam kepadanya. Penelitian ilmiah tersebut didukung dengan alat penelitian yang super canggih seperti detak jantung, alat pengukur tekanan darah, ketahanan kulit terhadap aliran listrik dan ketahanan otot. Ternyata dari data yang dia dapatkan setelah memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran dia menyimpulkan bahwa Al-Quran memengaruhi sebesar 97 % ketenangan jiwa seseorang dan juga menyembuhkan penyakit.

Pembuktian berikutnya dilakukan oleh Muhammad Salim di Universitas Boston. Dia melakukan penelitian dengan menggunakan 5 orang yang terdiri dari 3 orang pria dan 2 orang wanita. sebelumnya 5 orang tersebut belum mengerti tentang bahasa arab, dan belum mengerti apa yang akan diperdengarkan nantinya adalah Al-Quran. Dari penelitian tersebut Muhammad Salim dapat menyimpulkan bahwa sekitar 65 % respond terhadap pembacaan ayat suci Al-Qur’an dengan menggunakan tartil merasa tenang. Sedangkan untuk pembacaan bahasa arab saja sekitar 35 % merasakan ketenangan.

Peneliti Belanda dengan nama Vander Hoven melakukan penelitian pada bidang tertentu ini tapi mengejutkan dia tidak mempublikasikan hasilnya jelas. Dia hanya menyarankan, “Muslim yang bisa membaca bahasa Arab dan yang membaca Al-Quran secara rutin dapat melindungi diri dari penyakit psikologis.”

Yucel Saleh mengatakan bahwa, “Ada perubahan statistik dalam suhu tubuh dan tingkat pernapasan, tetapi mereka tidak cukup signifikan untuk mendukung efek positif dari doa pada kesejahteraan fisik.” Sekali lagi, dia tidak melaporkan apa yang menjadi hasil aktual nya penelitian dan isinya hanya untuk memberikan pernyataan bertentangan tentang manfaat psikologis Al-Quran.

 

Sumber : sebaiknya-andatahu

 

 

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply