Orang beriman, Adalah Orang Yang Bersyukur | Penerbit Al-Quran Indonesia

Orang beriman, Adalah Orang Yang Bersyukur | Penerbit Al-Quran Indonesia

posted in: Berita | 0

Orang beriman, Adalah Orang Yang Bersyukur | Penerbit Al-Quran Indonesia

Allah SWT berfirman:

Maka ingatlah kepada-KU, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepadaku.

(Al-Baqarah ayat 152)

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-KU), maka pasti azab-KU sangat berat.

(Ibrahim ayat 7)

Dan sungguh, telah kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah! Dan Barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri ; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.”

(Luqman 12).

Kata Al-Qur’an untuk terimakasih adalah “syukur.” Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an berkali-kali. Ini adalah kualitas manusia dan juga kualitas Allah. Menurut ulama syukur berarti: “syukur adalah pertimbangan kebaikan dan pengakuan bahwa hamba tersebut merasa puas akan apa yang Allah berikan…”

Syukur adalah prinsip yang sangat penting dalam Islam. Ini adalah kualitas orang yang beriman dan merupakan sumber dari segala kebaikan. Kata Syukur digunakan dalam Al-Qur’an terkadang sebagai setara dengan iman. Orang beriman adalah orang-orang bersyukur.

Qur’an Menerangkan bawasanya nabi dan rasul Allah adalah orang-orang bersyukur. Nabi Nuh adalah seorang hamba bersyukur Allah (Al-Israa ’17: 3).

Nabi Ibrahim digunakan untuk bersyukur kepada Allah atas segala berkat-Nya (An-Nahl 16: 121).

Nabi Dawud dan keluarganya diberitahu untuk bersyukur kepada Allah (Sabaa ’34:13).

Nabi Muhammad  (Az-Zummar 39: 66)

 

Allah juga menjanjikan:

“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (Aal `Imran 3: 145).

Maka mari kita bersyur, dengan bersyukur semoga iman kita semakin meningkat.

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply