Tips Ampuh Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

Tips Ampuh Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

posted in: Berita | 0

Bulan Sya’ban akan berlalu dan berganti dengan bulan nan suci bagi umat Islam di seluruh Dunia yaitu bulan Ramadhan. Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi harus dipersiapkan dengan matang. Ramadhan tahun ini harus benar-benar lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan,belum tentu tahun depan kita dapat berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan.

Untuk itu, Quran Cordoba merangkum tips ampuh memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan dari berbagai sumber. Berikut tips dan langkah-langkahnya :

1. Membuat perencanaan ibadah

Membuat perencanaan sangat membantu aktifitas ibadah kita di bulan Ramadhan. Dengan perencanaan, maka waktu dapat digunakan lebih efektif untuk beribadah. Untuk membuat perencanaan ini dibutuhkan tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas dari puasa di bulan Ramadhan adalah untuk mencapai derajat taqwa.

2. Menghitung berapa banyak waktu ibadah yang dapat dilakukan dalam sehari

Di bulan Ramadhan, semua orang berlomba-lomba dalam kebaikan dan menginginkan untuk beribadah secara terus menerus selama 24 jam. Namun, hal ini tentu tidak mungkin karena kita memiliki kewajiban-kewajiban lainnya yang harus dipenuhi. Untuk itu, realistislah dalam menentukan target banyaknya waktu ibadah yang kita miliki setiap harinya. Rumus sederhana untuk menghitung waktu ibadah yang kita miliki adalah 24 jam – ( waktu tidur, waktu kerja, waktu keluarga) = waktu ibadah .

3. Membuat target ibadah yang jelas

Setelah kita menghitung waktu ibadah yang dimiliki setiap harinya maka selanjutnya adalah menetapkan target yang jelas. Target yang akan dibuat haruslah memenuhi unsur STDRT ( Spesifik, Terukur, Dapat dicapai, Realistis, Terikat waktu) . Spesifik maksudnya target yang ditentukan haruslah detail dan mendalam. Contohnya membaca Al Quran, menghafal ayat Al Quran dan lainnya. Terukur maksudnya menetapkan besaran dari target yang ditentukan. Contohnya membaca Al Quran 1 juz, menghafal ayat Al Quran 1 ayat, dan lainnya.

Dapat dicapai maksudnya target yang ditentukan haruslah disesuaikan dengan waktu ibadah yang kita miliki setiap harinya dan memungkinkan untuk dicapai. Realistis maksudnya target yang ditetapkan memungkinkan untuk diselesaikan. Terikat oleh waktu maksudnya adalah target yang telah ditetapkan harus disertai dengan waktu seperti satu hari 1 juz, satu hari 1 ayat, dan lainnya.

4. Mengalokasikan waktu sesuai dengan target yang telah dibuat

Setelah kita menghitung waktu yang dimiliki untuk ibadah dan menetapkan tujuan, maka langkah selanjutnya adalah mengalokasikan waktu sesuai dengan target yang telah dibuat. Alokasikan waktu untuk ibadah hingga mencapai target yang telah ditentukan. Atur juga waktu-waktu tertentu sebagai antisipasi adanya kemungkinan target tidak tercapai.

5. Memanfaatkan jam-jam di awal pagi

Setelah sahur dan sholat subuh terdapat waktu yang bisa diisi dengan beribadah untuk mengejar target. Usahakan untuk tidak tidur setelah subuh dan lebih memanfaatkan waktu untuk beribadah seperti membaca Al Quran, meghafal ayat,dan lainnya. Waktu sebelum sahur juga dapat dimanfaatkan untuk shalat tahajjud dan dilanjutkan dengan membaca Al Quran.

6. Membuat jadwal halaqah kecil dalam keluarga

Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi keluarga untuk bersama-sama meningkatkan keimanan. Bersama-sama membentuk halaqah kecil dalam keluarga dapat menjaga dan memelihara tingkat keimanan. Ayah dan Ibu saling mengingatkan dan mengkoreksi apakah ada target yang terlewat sedangkan anak-anak sudah mulai dibiasakan beribadah sesuai dengan target yang telah ditentukan.

7. Mendedikasikan waktu setiap hari untuk Al Qur’an

Ramadhan adalah bulan Al Qur’an dan sudah sepatutnya kita mendedikasikan waktu setiap hari untuk membaca dan memahami Al Qur’an. Tidak hanya kuantitas bacaan saja yang menjadi target tapi membaca dengan baik dan benar disertai dengan memahami kandungan ayat akan memiliki efek lebih lama terhadap keimanan dan ketaqwaan seseorang.

8. Hindari pekerjaan yang bersifat multi tasking

Studi membuktikan bahwa multi tasking dapat memperlambat produktivitas dan kecerobohan dalam bekerja. Ahli manajemen waktu moderen setuju bahwa mengerjakan satu pekerjaan dengan fokus akan mempercepat penyelesaian pekerjaan dengan kualitas yang lebih baik dari pada beberapa pekerjaan dilakukan dalam satu waktu secara bersamaan. Begitu pula dalam hal ibadah, usahakan untuk tidak membaca Al Quran sambil mengerjakan hal-hal lain karena akan memperlambat bacaan kita dan mengurangi pemahaman akan bacaan Al Quran tersebut.

9. Tidak berlebihan dalam bersosialisasi

Ramadhan adalah bulan itikaf, yaitu bulan untuk istirahat dari kehidupan sosial dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan Allah SWT atau lebih dikenal dengan hablumminallah. Kurangilah bicara baik di media sosial atau langsung karena akan memancing syaitan untuk menggoda kita agar mengucapkan hal-hal yang tidak baik. Fokuslah kepada ibadah kita hanya untuk Allah.

10. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan adalah mutlak agar target yang telah kita tentukan dapat tercapai. Orang yang malas, lemah, gelisah, dan kurang tidur tidak akan bisa mencapai target. Banyak orang yang terlalu semangat di awal Ramadhan hingga mengabaikan kesehatan. Akibatnya pada hari-hari terakhir Ramadhan mereka tidak bisa mencapai target karena sakit. Jadi, pastikan kita mendapatkan cukup istirahat, dan makan makanan yang bergizi.

Semoga Allah membuat Ramadhan kita kali ini lebih produktif untuk beribadah sehingga kita dapat mencapai derajat taqwa. Allahumma Aamiin.

Sumber : Blog Islamic University

Ilustrasi tips dalam gambar berbahasa Inggris :

Tips Ampuh Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan

Kunjungi Atau pesan Online Al Quran di katalog Quran Cordoba

 

Quran Cordoba

 

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply