Tips Jitu Menghilangkan Kantuk dan Khusyu Saat Jumatan

Tips Jitu Menghilangkan Kantuk dan Khusyu Saat Jumatan

posted in: Berita | 0

Hari Jumat adalah hari yang teramat baik bagi umat muslim. Selain karena keutamaan-keutamaannya, hari Jumat memiliki rangkain ibadah shalat Jumat yang dimulai dengan khutbah jumat. Dalam khutbah Jumat khatib senantiasa untuk menyerukan kalimat taqwa kepada jamaah shalat Jumat. Di dalam khutbah Jumat terdapat banyak nasihat dan ajakan untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Namun, saat khutbah Jumat banyak sekali jamaah yang terlihat tidur dan tidak mendengarkan khutbah Jumat. Tidur saat khutbah jumat adalah kesalahan besar yang dianggap lumrah oleh kaum muslimin saat mengikuti rangkaian ibadah shalat Jumat. Berikut dalil tentang mendengarkan khutbah :

Allah SWT berfirman :

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Apabila dibacakan Al Quran, dengarkanlah dan diamlah, agar kalian mendapatkan rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204) .

Jelas dalam ayat Al A’raf di atas, mendengar secara seksama dan khusyu sangat dianjurkan agar Allah SWT melimpahkan rahmat kepada jamaah shalat Jumat.

Maka,dapat disimpulkan bahwa tidur saat khutbah Jumat adalah kesalah, maka dari itu Quran Cordoba telah merangkum tips jitu menghilangkan kantuk dan khusyu saat jumatan dalam poin-poin sebagai berikut :

1. Niat untuk mendengarkan khutbah dengan khusyu

Niat yang kuat adalah pondasi terciptanya suatu tujuan. Tanpa niat untuk mendengarkan khutbah dengan khusyu maka mustahil untuk tetap terjaga dari kantuk. Oleh karena itu, dengan berniat untuk tidak tidur dan mendengarkan dengan khusyu insyaallah amalan ini sudah tercatat dan jamaah akan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

2. Mandi sebelum melaksanakan rangkaian ibadah shalat Jumat

Mandi membuat badan terasa segar dan siap untuk memulai aktifitas. Usahakan untuk mandi sebelum shalat Jumat karena akan membuat badan kembali terasa segar dan siap untuk menerima informasi dari khutbah Jumat. Apabila jamaah tidak bisa mandi sebelum shalat Jumat maka mandi pagi dengan niat untuk shalat Jumat insyaallah dapat menghindarkan dari rasi kantuk.

3. Sarapan secukupnya

Terlalu banyak makan akan menyebabkan rasa kantuk. Oleh karena itu, sarapanlah secukupnya dan jangan terlalu kenyang agar tetap fokus saat mendengarkan khutbah Jumat.

4. Tidur sejenak sebelum melaksanakan rangkaian ibadah shalat Jumat

Tidur sejenak walaupun hanya 30 menit sangat ampuh untuk menghilangkan kantuk. Tidur sejenak dengan kualitas yang baik cukup untuk membuat tubuh segar dan fokus mendengarkan khutbah Jumat.

5. Menempati posisi yang pas untuk mendengarkan khutbah

Datang lebih awal dan carilah posisi yang pas dengan khatib agar saat menyimak khutbah lebih fokus dan khusyu. Jangan duduk di belakang tiang atau bersandar pada dinding yang menyebabkan duduk sangat nyaman. Duduk yang terlalu nyaman akan mendatangkan rasa kantuk dan tidak fokus.

6. Tidak duduk dengan posisi memeluk lutut

Hadis dari Muadz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu,

أَن النَبيَ صَلى اللهُ عَليه وَسَلمَ نَهَى عَنْ الْحَبْوَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang duduk memeluk lutut pada hari ketika imam sedang berkhutbah. (HR. Abu Daud, Turmudzi dan dihasankan al-Albani). Hal ini dapat mengakibatkan rasa kantuk sehingga batal wudhu dan terhalang dari mendengarkan khutbah Jumat.

7. Jika masih terasa ngantuk, pindah dan cari posisi lain untuk mendengarkan khutbah

Pindah posisi ke tempat lain membuat pandangan terhadap khatib yang sedang berkhutbah menjadi berbeda dan hal ini dapat menyegarkan pikiran. Pikiran yang segar akan lebih mudah untuk fokus dan terbebas dari kantuk.

Demikian tips jitu menghilangkan kantuk dan khusyu saat jumatan, semoga amalan ibadah shalat jumat yang kita laksanakan menjadi amalan yang diterima oleh Allah SWT.

 

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply