Tips Kuat Menahan Haus dan Lapar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tips Kuat Menahan Haus dan Lapar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

posted in: Berita | 0

Alhamdulillah kita telah sampai kepada bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Di Indonesia semua organisasi Islam sepakat untuk menjalankan puasa bersama-sama pada hari kamis 18 Juni 2015. Hari-hari pertama di bulan Ramadhan bagi sebagian orang terasa sangat panjang dan melelahkan. Hal ini terjadi bagi orang yang tidak terbiasa dengan berpuasa terlebih di daerah dengan cuaca yang sangat panas.

Quran Cordoba telah merangkum beberapa tips kuat menahan haus dan lapar saat berpuasa di bulan ramadhan dari beberapa sumber. Berikut tips-tips yang dapat kita praktekan untuk puasa esok hari .

1. Berniat ikhlas untuk berpuasa Ramadhan hanya karena Allah SWT

Niat adalah awal dari semua kegiatan yang dilakukan. Kegiatan yang diniatkan hanya untuk mencari ridho Allah SWT akan bernilai ibadah. Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW :

Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya” (HR Bukhari dan Muslim)

Dengan berniat ikhlas karena Allah SWT, maka tubuh akan merespon baik atas puasa yang sedang kita jalankan. Berniat ikhlas juga akan mensugesti pikiran menjadi positif. Pikiran yang positif seperti magnet yang menarik pembangkit motivasi dalam diri kita. Pikiran yang termotivasi akan membangkitkan semangat untuk menuntaskan puasa hingga waktu berbuka.

2. Bangun untuk shalat dan makan di waktu sahur

Sahur berasal dari kata sahar, yang artinya akhir malam, atau waktu menjelang subuh. Maka waktu sahur adalah waktu yang disunnahkan untuk makan agar mampu menjalankan puasa dengan baik sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

Rasulullah SAW bersabda : “Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Anas)

Makan sahur mengandung keberkahan disebabkan karena makan sahur adalah sunnah Rasulullah SAW yang mulia. Diantara keberkahannya adalah menguatkan orang yang berpuasa, menambah semangat orang yang berpuasa, dan mencegah prilaku buruk yang disebabkan karena lapar saat berpuasa.

Makan sahur dengan menu yang sehat dan bergizi akan menunjang tubuh agar lebih fit dan kuat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Cobalah untuk menyediakan makanan yang dapat memberikan energi untuk bertahan sepanjang hari yakni dengan kombinasi sayuran, buah yang kaya akan serat, serta makanan yang dimetabolisme oleh tubuh secara lambat. Makanan yang dimetabolisme oleh tubuh secara lambat seperti nasi merah, gandum, serta produk susu yang rendah lemak.

Namun sebulum makan sahur, hendaknya kita melaksanakan shalat malam atau tahajjud untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan. Saat sahur adalah salah satu waktu terbaik dimana para malaikat senantiasa bershalawat dan mengamini doa-doa yang dipanjatkan oleh orang yang senantiasa beribadah terutama shalat tahajjud. Berdoalah untuk dikuatkan dalam menghadapi cobaan puasa di bulan Ramadhan.

3. Menjaga pandangan,lisan,pikiran, dan emosi saat berpuasa

Puasa dalam bahasa Arab adalah shaum atau siyam. Kata shaum berarti menahan diri atau mencegah diri. Berpuasa atau shaum di bulan Ramadhan bermakna menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit matahari atau waktu fajar hingga terbenam matahari atau waktu maghrib. Selain itu, terdapat pula hal-hal yang mengurangi pahala puasa yaitu dosa-dosa yang dilakukan saat melakukan ibadah puasa Ramadhan.

Agar puasa kita sempurna, maka menjaga pandangan, lisan, pikiran , dan emosi adalah yang utama. Dengan menjaga diri untuk tidak mengurangi pahala puasa maka pikiran positif terus terjaga dan tubuh akan senantiasa termotivasi. Tubuh yang memiliki motivasi akan senantiasa kuat untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Tujuan berpuasa tidak hanya menunggu waktu berbuka tetapi lebih tinggi lagi menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT sesuai dengan firman-Nya dalam surat Al Baqarah 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

4. Menyegerakan untuk berbuka puasa

Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk segera berbuka puasa. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka.” (HR. Tirmidzi) . Hal ini dikarenakan tubuh telah kekurangan asupan cairan dan makanan maka menyegerakan berbuka untuk mengembalikan asupan cairan dan makanan kedalam tubuh adalah hal yang utama. Tidak menyegerakan berbuka puasa dapat dikatakan mendzolimi diri sendiri. Oleh karena itu berbuka puasa saat matahari terbenam atau adzan maghrib berkumandang agar tubuh tetap fit dan kesehatan akan terjaga.

Pada saat berbuka sering kali kita tergoda oleh makanan yang sangat manis, makan gorengan, serta makan dalam jumlah yang banyak. Perlu diketahui bahwa hal ini justru dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dalam lambung. Saat berbuka konsumsilah makanan dalam jumlah sedikit dan air putih terlebih dahulu. Selanjutnya setelah shalat maghrib makanlah makanan yang mengandung lima sumber nutrisi untuk tubuh seperti sayuran, buah, nasi merah, dan ikan atau ayam.

5. Istirahat yang cukup dan sempatkan untuk berolahraga

Olah raga dan istirahat yang cukup harus tetap dijaga saat bulan Ramadhan. Olah raga ringan dapat dilakukan setelah berbuka dan shalat maghrib. Olah raga ringan yang rutin dilakukan dapat menjaga tubuh tetap fit selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Istirahat atau tidur menjadi lebih sedikit di bulan Ramadhan. Alihkan tidur malam yang berkurang dengan tidur di siang hari. 30 menit untuk tidur di siang hari sudah cukup untuk menggantikan tidur malam yang berkurang karena aktifitas ibadah di malam hari.

Sekian Tips Kuat Menahan Haus dan Lapar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan yang dirangkum Quran Cordoba semoga bermanfaat dan ibadah puasa kita lebih maksimal di tahun ini sehingga menjadi Ramadhan terbaik dalam hidup kita.

Kunjungi Atau pesan Online Al Quran di katalog Quran Cordoba

 

Quran Cordoba

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply