Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadhan

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadhan

posted in: Berita | 0

Berpuasa di bulan Ramadhanbagi umat muslim adalah wajib hukumnya. Berpuasa dalam islam memiliki makna menahan hal-hal yang membatalkan puasa dari mulai terbit matahari hingga terbenam matahari. Makan dan minum adalah salah satu yang membatalkan puasa. Berkurangnya asupan makanan dan minuman tentu berpengaruh pada kondisi tubuh. Salah mengkonsumsi makanan saat berbuka ataupun saat sahur berakibat buruk pada tubuh.

Seseorang yang banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak pada saat berbuka beresiko menambah berat badan. Maka, tidak jarang banyak orang yang mengeluhkan bulan ramadan menyebabkan berat badan naik.

Quran Cordoba merangkum beberapa sumber untuk memberikan Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadhan. Berikut tips yang dapat diikuti :

1. Makan Makanan yang memiliki Karbohidrat yang kompleks

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Makan makanan yang memiliki karbohidrat yang kompleks pada saat sahur akan menyebabkan makanan lebih lama dicerna dilambung. Pencernaan yang lama ini dapat menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama dari pada makanan yang lainnya. Contoh makanan yang memiliki tingkat karbohidrat tinggi antara lain roti gandum, oat, dan ubi manis. Makan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks akan menunda lapar dan tubuh lebih kuat untuk berpuasa.

2. Membiasakan makan kurma

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Kurma adalah sumber gula yang baik, serat, karbohidrat, potassium, dan magnesium. Kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nutrisi yang lengkap untuk tulang mampu melawan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kurma juga dijadikan makanan awal ketika berbuka dikarenakan kurma dapat menambah energi dengan cepat.

3. Membiasakan makan Pisang

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Pisang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Mengkonsumsi pisang sangat baik bagi penderita maag. Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang sangat bagus untuk system pencernaan. Daging buahnya yang lembut dapat melapisi dan menebalkan dinding usus dan mukosa lambung sehingga meminimalisir peradangan yang menyebabkan rasa melilit pada penderita maag.

Beberapa manfaat pisang yang mendukung ibadah puasa adalah :

– Pisang mengandung kalori dan nutrisi yang lengkap untuk tubuh.

– Pisang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa.

– Pisang sangat baik bagi penderita hipertensi

– Pisang dapat mencegah dan mengatasi anemia

4. Membiasakan makan kacang-kacangan

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Kacang-kacangan mengandung protein yang tinggi, salah satunya adalah almond. Almond kaya akan protein dan serat namun tidak menimbulkan kegemukan karena rendah lemak. Mengkonsumsi kacang-kacangan sangat dianjurkan saat berbuka puasa karena mudah dicerna serta tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi saat berbuka puasa.

5. Hindari makan gorengan dan makanan berlemak

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Makan gorengan serta makanan berlemak akan sulit dicerna oleh tubuh jika disantap saat berbuka puasa. Gorengan termasuk makanan berlemak karena digoreng menggunakan minyak. Selain tubuh sulit mencerna makanan tersebut, gorengan juga dapat menimbulkan penyakit seperti batuk atau radang. Hal itu mungkin saja terjadi karena makanan yang mengandung minyak, pedas, serta minuman dingin dapat menimbulkan luka kecil di tenggorokan.

6. Hindari makan makanan yang banyak mengandung gula

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Makan atau minum yang banyak mengandung gula harus dikurangi karena dapat menimbulkan rasa kenyang dan enggan mengkonsumsi makanan berat. Padahal tubuh sangat memerlukan karbohidrat, protein, serat, dan zat-zat lain yang berguna bagi metabolisme tubuh.

7. Hindari makan berlebihan saat makan sahur

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Makan berlebihan saat sahur akan menyebabkan meningkatnya timbunan lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Konsumsi nasi berlebihan ketika sahur justru akan menyebabkan kenaikan gula darah pada tubuh. Gula merupakan satu jenis makanan yang bisa membuat tubuh semakin membutuhkan cairan. Hal tersebut menyebabkan haus berlebih saat berpuasa.

8. Hindari minum teh berlebihan saat sahur

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Minum teh berlebihan saat sahur harus dihindari karena teh bersifat diuretika. Diuretika menyebabkan tubuh lebih sering mengeluarkan cairan lewat urine yang berakibat tubuh kehilangan garam dan mineral yang sangat dibutuhkan. Padahal, selama berpuasa tubuh tidak mendapat cukup asupan cairan sehingga minum teh harus berlebihan harus dihindari saat sahur.

9. Hindari merokok

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Perokok yang berpuasa tentu akan melampiaskan keinginan untuk merokoknya setelah berbuka puasa atau saat sahur. Sudah jelas bahwa rokok mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Merokok saat sahur dan berbuka akan mengakibatkan tubuh yang membutuhkan zat-zat penting namun terisi oleh zat-zat berbahaya dari rokok. Sebaiknya hindari merokok dan berhentilah untuk merokok demi kesehatan tubuh saat berpuasa.

10. Membiasakan minum air mineral atau air putih

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Air mineral atau air putih mempunyai banyak manfaat diantaranya :

– Melarutkan makanan setelah sahur.

– Mampu melarutkan racun dalam tubuh (detoksifikasi).

– Membantu menjaga kelembaban kulit.

– Air Putih Membantu Memperlambat Tumbuhnya Zat-Zat Penyebab Kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati.

Dan masih banyak manfaat yang lain yang bisa didapatkan dengan minum air mineral secara rutin setiap hari. Untuk berbuka puasa sangat dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu.

11. Membiasakan minum jus di antara waktu berbuka dan waktu tidur

Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan

Jus buah kaya akan kandungan vitamin. Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, pergantian sel, dan lainnya. Minum jus di antara waktu berbuka hingga menjelang tidur dapat mengembalikan asupan cairan yang kurang dalam tubuh disertai dengan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh agar kembali fit dan bugar untuk melanjutkan puasa esok hari.

Semoga Tips Makanan Sehat Agar Tetap Fit Di Bulan Ramadan dapat membantu kita semua memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan. Jasmani yang sehat disertai dengan rohani yang kuat akan menjadikan kita mencapai derajat takwa. Aamiin!

Sumber : habibihalaqas.com

Kunjungi Atau pesan Online Al Quran di katalog Quran Cordoba

 

Quran Cordoba

 

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply