Waspada Produk Olahan Babi Ada Disekitar Kita

Waspada Produk Olahan Babi Ada Disekitar Kita

posted in: Berita | 0

Waspada Produk Olahan Babi Ada Disekitar Kita

Di dalam Islam terdapat beberapa daging hewan yang diharamkan salah satunya adalah daging babi. Babi merupakan hewan omnivora yang berarti pemakan segala baik tumbuhan ataupun daging. Babi adalah binatang yang jorok dan kotor dan suka memakan bangkai serta kotoran. Di dalam tubuh babi tumbuh cacing Trichina yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah balik, meningitis dan infeksi otak. Di dalam surat Al Baqarah ayat 173 Allah SWT berfirman yang artinya “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosabaginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. . Di dalam surat Al Baqarah ayat 173 telah disebutkan dengan jelas bahwa daging babi adalah haram kecuali karena dalam kondisi terpaksa.

Pada era moderen saat ini, satu ekor babi dapat diolah menjadi 185 produk. Dalam video berikut dijelaskan produk-produk olahan babi yang tersebar dalam berbagai macam produk.

Gelatin merupakan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang seperti ; ikan, sapi dan babi. Gelatin dari babi telah diputuskan haram oleh fatwa dari berbagai lembaga Fiqh Internasional.

Keputusan Al-Majma Al-Fiqhiy Al-Islamy di bawah (Rabitah Alam Islami) yang berpusat di Mekkah (no. 3, rapat tahunan ke 15) tahun 1998, yang berbunyi:
“Himpunan Fiqh Islami yang bernaung di bawah Rabitah Alam Islami dalam rapat tahunan ke-15 setelah mendiskusikan dan mengkaji bahwa : “gelatin adalah sebuah zat yang banyak digunakan untuk pembuatan makanan dan obat-obatan, berasal dari kulit dan tulang hewan ; Memutuskan :
“Boleh menggunakan gelatin yang berasal dari sesuatu yang mubah, dari hewan yang disembelih dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam. Dan tidak dibolehkan menggunakan gelatin yang diperoleh dari sesuatu yang haram, seperti ; gelatin dari kulit dan tulang babi dan dari benda haram lainnya”.

Oleh karena itu sebagai umat muslim sudah sepatutnya waspada produk olahan babi ada disekitar kita. Sebagai muslim hendaklah kita memilih yang lebih baik dan waspada terhadap hal-hal yang meragukan sesuai dengan hadits Nabi “Tinggalkanlah yang meragukan kepada hal yang tidak meragukan”.

 

 

Share Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+Email this to someone

Leave a Reply