Penerbit Quran Cordoba Hadiri Halal Industry Event 2022, Kabar Baik Bagi Pertumbuhan Ekonomi Islam

2 Juni 2022

BANDUNG - Penerbit Quran Cordoba diundang dalam peresmian Halal Industry Event 2022 yang diselenggarakan di Thamrin City (24/5/2022) dan diremsikan oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

Agenda utama acara tersebut adalah peluncuran The State of Global Islamic Economy Report (SGIER) 2022, Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal, Halal Center Indonesia, dan Soft Launching “Haliv”, aplikasi scanner halal pertama di Indonesia.

“Hari ini kita menyaksikan inisiasi dari pelaku ritel modern untuk mendisplay produk-produk halal dalam rak-rak di super market,” demikian Wapres KH. Ma’ruf Amin menyampaikan dalam sambutannya.

Kehadiran Wakil Presiden secara langsung memberikan sinyal positif terhadap perkembangan industri halal di Indonesia. Selain itu, ini menjadi bukti bahwa pemerintah memprioritaskan pengembangan ekonomi Islam seiring dengan situasi pandemi yang mulai terkendali.

Berdasarkan State of Global Islamic Economy (SGIE) Report, Dr. H. Sapta Nirwandar, chairman IHLC, menyampaikan laporan tahunan yang merupakan sumber referensi bagi pembangunan dan pengembangan ekonomi Islam. ILHC bekerja sama dengan DinarStandard Dubai untuk membuat laporan tersebut sejak beberapa tahun lalu.

“SGIE report 2022 ini edisi ke 9 yang cukup istimewa karena merekam data-data menggeliatnya ekonomi Islam yang recover pasca pandemi Covid 19. Dilengkapi dengan komponen inovasi sebagai penilaian dalam indikatornya dan best practice dari berbagai negara dalam menciptakan alternatif di masa pandemi,” sambung Sapta.

Beliau melanjutkan, akibat pandemi, ekonomi Islam sempat menurun tajam sebesar 8% di tahun 2020. Di tahun 2022 ini, ekonomi Islam diprediksi akan pulih 9,1%. Beliau menambahkan, Indonesia memiliki peluang tumbuh secara substansial terutama pada sektor modest fashion dan pangan halal.

Hal tersebut ditunjukan oleh peringkat Indonesia di sektor halal food yang naik dari peringkat ke 6 ke peringkat 2. Kabar gembira ini pun didukung dengan prestasi baik lainnya berkat kerja sama stakeholder ekonomi halal Indonesia yang diakui dalam laporan ini.

Selain peluncuran SGIE Report 2022, Halal Industri Event juga menjadi wadah bagi Indonesia Halal Lifestyle Center dan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia untuk menginisiasi Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal. Ini merupakan dukungan konkrit terhadap kebijakan pemerintah mengenai kewajiban produk konsumsi dan gunaan bersertifikat halal.

Tujuan adanya gerakan ini adalah, Sapta mengungkapkan, untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap produk halal serta memberikan konsumen gaya hidup halal rasa tenang.

Selain itu, dalam event ini Wapres KH. Ma’ruf Amin pun meresmikan Halal Center Indonesia yang merupakan wadah unjuk gigi dan penjualan langsung produk UMKM halal di Indonesia. Pegiat UMKM yang berpartisipasi dalam Halal Center Indonesia akan mendapatkan program inkubasi. Program tersebut diadakan guna memperoleh sertifikasi BPJPH, Islamic financing, akses workshop, dan workshop lain tentang kesiapan ekspor.

“Halal Center Indonesia bekerjasama dengan BPJPH menyediakan booth konsultasi mengenai sertifikasi halal dan untuk masyarakat umum dalam rangka upaya “jemput bola” dan mengejar target 10 juta sertifikasi halal,” sambung Sapta Nirwandar.

Di akhir sambutan, Wapres KH. Ma’ruf Amin secara langsung meninjau Halal Row di Hypermart Thamrin City sebelum meninggalkan acara. Beliau sekaligus melakukan uji coba aplikasi Halal Scanner pertama di Indonesia yang merupakan inovasi teknologi anak bangsa atas dasar inisiasi kerja sama ILHC dan BPJH. Terobosan teknologi ini diharapkan bisa memberikan ketenangan pada konsumen gaya hidup halal dan meningkatkan daya tarik wisatawan halal di Indonesia.

Peresmian Halal Industri Event 2022 ini diikuti oleh peserta dari 25 negara termasuk Korea, Jepang, India, hingga Eropa dan Afrika. Acara ini juga dihadiri oleh Sayd Farook Senior Partner of DinarStandard, Anton Sukarna Direktur Bank Syariah Indonesia, Bulut Bagci President of WTFI from Turkey, Roy Mandey Ketua APRINDO, M. Aqil Irham Kepala BPJPH dan Noer Indra Djaya Presiden Direktur Thamrin City.

Melalui acara ini, Penerbit Quran Cordoba berharap bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi Islam di kemudian hari.



Jl. Setrasari Indah No.33, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152
Tlp : (022) 2008 776
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
qurancordoba.com - copyright 2021