Artikel

Al Quddus Artinya dalam Asmaul Husna dan Dalilnya

Heri Mahbub

June 1, 2024

Allah SWT memiliki nama Al Quddus artinya yang terdapat dalam Asmaul Husna. Asmaul Husna sendiri merupakan nama-nama yang baik untuk Allah SWT yang berjumlah 99.

Kalimat Al-Quddus artinya Maha Suci

Asmaul Husna ini mencerminkanbagaimana sifat Allah SWT.

Dari antara 99 nama tersebut,istilah Al Quddus paling sering terdengar. Istilah ini juga melekat padamanusia yang melakukan sifat terpuji. Maka Al Quddus harus senantiasa ditanamoleh setiap manusia beriman.

Dengan meneladani sifat Allah SWT berupa Al Quddus akan sangat berdampak dalam kehidupan umat. Meneladani sifat AlQuddus berarti senantiasa menjaga perkataan maupun ucapannya.

Memaknai Al Quddus Artinya dalam Asmaul Husna

Al Quddus artinya Allah Maha Suci, murni,penuh keberkahan dari segala kekurangan serta keburukan yang biasanya dilakukanoleh manusia. Namun Allah Maha Suci juga mencintaiumatnya yang berusaha selalu menjaga kesuciannya.

Sifat Al Quddus dalam Asmaul Husna sendiri berasal dari kata q-d-sbahasa Arab klasik yang artinya suci, bersih, tanpa noda, jauh dari berbagaibentuk kotoran ataupun ketidaksempurnaan menjadi suci, keramat, sakral.

Sifat Al Quddus artinya bahwa tidak ada satupun makhluk yang bisamerendahkan atau menghina kesuciannya. Hal ini didukung dalam surah Al-Jumuahayat 1 yaitu:

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ٱلْمَلِكِ ٱلْقُدُّوسِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

Artinya “apa yang ada dilangit dan apa yang ada di bumi senantiasa bertasbih kepada Allah Maharaja, Yangmahasuci, yang mahaperkasa, maha bijaksana” (Q.SAl-Jumuah: 1).

Dari pengertian Al Quddus tersebut, maka manusia sebagai makhlukbumi wajib meyakini bahwa Allah SWT adalah Maha Suci. Sikap menyucikan nama Allah SWT dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk teladan yang dapatdilakukan seperti berdzikir, berdoa, menyucikan nama Allah SWT melalui Asmaul Husna Al Quddus, dan menyucikan diri lahir batin  baik hati, pikiran,perkataan, maupun perbuatan.

Dengan meneladani Al Quddus artinya dan sifatnya melaluidzikir, maka memberikan banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari membebaskan dari pikiran khawatir, derita, kesulitan, iri, dengki, serakah, sombong, dansifat-sifat buruk lainnya.

Bentuk implementasi dalam kehidupansehari-hari ini juga sesuai dengan firman dalam surah Al-Ahzab ayat 41:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya “Hai orang-orangberiman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, dzikir yangsebanyak-banyaknya” (QS AL-Ahzab: 41).

Dalil Al Quddus dalam Asmaul Husna

Al Quddus artinya Allah Maha Suci yangdisebutkan dalam beberapa firman di Al Quran QS. Al Hasyr ayat 23 sebagaiberikut:

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya “Dialah Allah yang tiadatuhan selain dia, raja, yang Mahasuci, yang Mahasejahtera, yang mengaruniakan keamanan, yang memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha kuasa, yang memilikisegala keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan” (QS. AlHasyr: 23).

Sifat Al Quddus artinya kesucian tersebut hanya dimiliki Allah SWTsehingga tidak ada nama, sifat, zat, firman, ataupun perbuatan yangmenyerupainya. Dalil lain juga disebutkan dalam ayat Al Quran.

1.      “Mahasuci Allah dari apa yang mereka sifatkan” (As Saffat:159).

2.      “Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit danapa yang ada di bumi. Raja, yang mahasuci, yang maha pengasih lagi mahabijaksana” (Al-Jumu’ah: 1).

3.      “(Ingat) ketika Tuhanmu berkata kepada malaikat, ‘Aku inginmenjadikan khalifah di bumi.’ Mereka bertanya ‘apakah Engkau hendak menjadikanorang yang merusak dan menumpahkan darah di sana? Padahal kami bertasbih memujidan menyucikan nama-Mu” dia berkata, “sungguh, Aku mengetahui apa yang tidakkalian ketahui” (Al-Baqarah: 30).

Menurut Syekh Tosun Bayrakal-Jerrahi, sifat Al Quddus setara dengan mukhalafah li al-hawadits. Pencipta yang tidak serupa dengan makhluk sehingga kesucian hanya dimiliki Allah dan tidak ada yang menyerupai.

Al Quddus melekat pada sifat terpuji manusia, artinya bahwa umat muslim memiliki kemampuan untuk menyucikan dirinya sendiri. Dengan begitu, maka umat dapat menyucikan Allah SWT dengan baik dan benar.

Selain Al Quddus, nama-nama AllahSWT memang sering dijadikan wirid karena keagungannya. Tentu saja dengan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, maka Al Quddus artinya juga melekat pada sifat terpuji manusia.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021