Artikel

Bersyukur dari Definisi, Keutamaan, dan Dalilnya di Al-Quran

Heri Mahbub

June 12, 2024

Definisi keutamaan hingga dalil di Al Quran tentang bersyukur antara lain dalam surat Al Baqarah Ayat 152 dan ayat 172 serta Surat An Nahl Ayat 18.

Banyak Bersyukur supaya Bertambah Nikmat dari-Nya

Bersyukur adalah salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan oleh semua umat manusia. Sebab dengan begitu, manusia dapat terhindar dari sifat sombong atau takabur.

Menuntun diri sendiri untuk selalu bisa mengucap syukur kepada Allah SWT memanglah tidak mudah. Tidak hanya secara lisan saja, namun juga harus dari hati yang tulus dan ikhlas.

Dengan rasa syukur itu, kita akan menjadi bahagia sebab mudah merasa senang oleh apapun. Sekalipun dari hal-hal yang sederhana, oleh karena itu kita harus selalu mengucap syukur kepada Allah SWT.

Definisi dan Keutamaan dari Bersyukur

Menurut KBBI, syukur ialah rasa terima kasih kepada Allah Swt, sementara hakikat syukur ialah. Pengakuan atas nikmat Allah, dengan jalan ketundukan, berikut keutamaan syukur :

1.      Menjalankan Perintah Allah

Bersyukur adalah salah satu perintah Allah, berikut firmanNya “Dan syukurilah nikmat Allah jika hanya kepada Nya saja kamu menyembah”. (QS An Nahl : 114), Anda yang selalu syukur.

Artinya sudah menjadikan hal tersebut sebagai lahan ibadah sebab berarti Anda sudah menjalankan salah satu perintah Allah. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu mengucap syukur kepada Allah SWT.

2.      Mendapat Rezeki yang Berkah

“Mintalah rezeki di sisi Allah dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada Nya”. (QS Al Ankabut : 17). Kita tidak perlu iri dengan yang dimiliki orang lain di dalam hal duniawi.

Contohnya masalah harta, berapapun harta yang Anda punya merupakan jumlah terbaik dari Allah. Apabila bersyukur pastinya bisa mendapatkan keberkahan dari harta tersebut, namun wajib juga memanjatkan doa pembuka rezeki.

3.      Jalan Menuju Surga

“Sesungguhnya jika Allah menguji hamba Nya kemudian dia bersabar maka aku gantikan baginya surga”. (HR Bukhari). Manusia yang mendapatkan ujian dan dirinya menerima serta mampu menjalani semuanya dengan ikhlas.

Maka Allah akan menjanjikan baginya Surga sebab rasa sabar dan juga rasa syukurnya itu. Jadi selain sabar, kita juga harus pandai-pandai mengucap syukur kepada Allah SWT.

4.      Jauh dari Penyakit Hati

Bersyukur bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit hati antara lain seperti iri, dengki, dendam dan sebagainya. Karena rasa syukur akan membuat kita bisa menerima apa adanya nikmat dari Allah.

Dengan berharap ridhoNya, jadi tidak hanya semata-mata mengejar nikmat dunia saja. Iri dan dengki di dalam islam termasuk hal-hal yang sangat dilarang Allah SWT, sehingga sebisa mungkin jauhi.

5.      Sebagai Peringatan

Allah SWT akan selalu memberi jalan untuk mereka yang berusaha, kadang orang tidak mau memaksimalkan untuk kebaikan. Serta menyalahkan keadaan saat kesusahan mulai menimpanya, padahal itu semua salahnya sendiri.

Seperti salah satu ayat Al Qur’an. “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu maka dari kesalahan dirimu sendiri”. (QS An Nisa: 79).

Dalil di Al Qur’an Tentang Bersyukur

Jika tadi kita sudah membahas keutamaannya, kini kita akan bahas beberapa dalil di dalam Al Qur’an. Yang berkaitan dengan syukur, berikut beberapa dalil tersebut antara lain :

1.  Surat Al-Baqarah Ayat 152

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Artinya: "Maka, ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku."

2.  Surat Al-Baqarah Ayat 172

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya."

3.  Surat An-Nahl Ayat 114

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya: "Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya."

4.  Surat Luqman Ayat 12

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗوَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Artinya: Sungguh, Kami benar-benar telah memberikan hikmah kepada Luqman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Siapa yang bersyukur, sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. Siapa yang kufur (tidak bersyukur), sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji."

5.      Surat Luqman Ayat 14

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."

6.      Surat An Nahl Ayat 18

وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: “Jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Sebagai umat muslim memang sudah seharusnya kita selalu mengucap syukur kepada Allah SWT atas karunianya. Sebab dengan bersyukur, hidup kita akan jauh lebih tenang dan bahagia.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021