Artikel

Makna Zikir Subhanallahi Adada Khalqihi

Heri Mahbub

June 3, 2024

Karena akan memberikan informasi mengenai makna zikir subhanallahi adada khalqihi. Zikir menjadi salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

Perbanyak Berzikir dimanapun berada

Ketika hidup di dunia ini pastinya manusia akan mendapatkan banyak sekali cobaan hidup. Oleh karena itu, salah satu solusi yang ditawarkan supaya bisa menghadapi cobaan hidup dengan sabar yaitu dengan cara rajin berdzikir.

Allah SWT adalah tempat terbaik untuk bersandar seluruh umat muslim ketika sedang menghadapi masalah. Karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini atas kuasa Allah SWT, sehingga memohon pertolongan kepada Allah SWT adalah pilihan paling tepat.

Berikut Ini Beberapa Keutamaan Zikir

Sebelum membahas mengenai makna zikir subhanallahi adada khalqihi, kami akan memberitahu Anda keutamaan berdzikir secara umum terlebih dahulu. Perintah untuk berdzikir dari Allah SWT itu tertuang dalam beberapa ayat Alquran.

1.  Mengungkapkan Rasa Syukur

Salah satu ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT terhadap semua karunia yang telah diberikan yaitu dengan berdzikir. Karena dengan melantunkan zikir ini akan senantiasa mengingatkan manusia terhadap berbagai macam anugerah Allah SWT.

Di dalam menjalani kehidupan di dunia ini ada banyak sekali kebaikan serta nikmat yang telah diberikan. Contohnya saja yaitu mendapatkan rezeki untuk keluarga, bisa melihat, bisa bernafas, dan masih banyak lagi lainnya.

Kenikmatan-kenikmatan tersebut diberikan Allah SWT kepada manusia ketika hidup di dunia. Oleh karena itu dengan kebaikan-kebaikan yang telah diberikan, seharusnya sebagai manusia selalu ingat dengan kebesaran Allah SWT.

2.  Menghapus Dosa-Dosa

Ketika hidup di dunia ini tentunya tidak lepas dari kesalahan dan dosa. Ketika melakukan kesalahan atau dosa sebagai manusia seharusnya memohon ampunan agar kesalahannya bisa dimaafkan.

Tidak bisa dipungkiri jika manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Dengan cara berdzikir ini adalah salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT terhadap berbagai macam kesalahan yang dilakukan di dunia ini.

3.  Mendapatkan Pahala Besar

Umat muslim yang rajin berdzikir akan mendapatkan pahala besar, salah satunya yaitu ketika membaca dzikir subhanallahi adada khalqihi.

Zikir adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Karena memang manfaat serta keutamaannya sangat banyak. Sehingga ada banyak sekali umat muslim yang berlomba-lomba melantunkan zikir dari pagi hari sampai malam hari.

Penjelasan Makna Zikir Subhanallahi Adada Khalqihi

Zikir subhanallahi adada khalqihi diambil dari sebuah hadis Ummul Mu’minin yaitu adalah Juwairiyah binti al-Harits. Gimana Nabi Muhammad SAW itu menyebut timbangannya memiliki banyak keutamaan.

Salah satu makna yang terkandung yaitu betapa agungnya kekuasaan Allah SWT. Oleh karena itu sebagai manusia di dunia ini sudah seharusnya pasrah terhadap kebesaran-Nya.

Karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini selalu dalam pengawasan dan juga tidak ada yang lepas satupun. Semua kebaikan dan juga semua keburukan umat manusia akan dicatat dan nantinya akan mendapatkan pembalasan yang adil.

Kemudian ditambahkan, bahwa permasalahan dalam kehidupan manusia itu merupakan keniscayaan. Oleh karena itu telah dikaruniakan kepada para manusia yaitu tangis, karena dengan menangis itu bisa sedikit mengurangi beban permasalahan di dunia.

Jadi Anda tidak usah merasa ragu untuk menangis ketika memang sedang mendapatkan banyak cobaan. Akan tetapi jangan terlalu larut dalam kesedihan sehingga menyebabkan keputusasaan.

Umat muslim selalu diajarkan untuk pasrah terhadap takdir Allah SWT dan juga senantiasa berusaha untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Makna zikir subhanallahi adada khalqihi berikutnya yaitu dengan mengagungkan kebesaran Allah SWT akan menghilangkan kegelisahan dari hidup ini. Oleh karena itu ketika Anda sedang merasa gelisah tidak ada salahnya untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena hal tersebut tentunya akan sangat berguna untuk memberikan ketenangan hati dan pikiran. Ketika ketenangan hati dan pikiran sudah berhasil didapatkan maka kegelisahan itu tidak akan muncul lagi.

Percaya saja bahwa segala sesuatu di dunia ini sudah diatur dengan baik dan tidak mungkin seorang manusia itu mendapatkan cobaan lebih besar dari kemampuannya. Rajin melantunkan zikir subhanallahi adada khalqihi merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan dalam hidup.

Baca Juga

Penghafal Al-Quran yang Sejati: Menjaga Kemuliaan dan Menjauhi Penyakit Hati

Heri Mahbub
October 17, 2024
Menjadi Penghafal Al-Quran adalah kemuliaan, kebanggan, dan kesehatan hati karena ia adalah As-Syifa. Tetapi penyakit hati dapat menghambat proses ini. Mari kita kenali beberapa penyakit hati yang sering mengganggu jiwa seorang penghafal Al-Qur'an.
Selengkapnya

Hidupmu Sebening Tilawah Al-Qur'an: Temukan Ketenangan dan Kebahagiaan

Heri Mahbub
October 9, 2024
 Bagaimana Tilawah, Tadabur, Membaca, Menghayati, Mengamalkan, dan Menghafal Al-Qur'an Membawa Kedamaian dan Kebahagiaan dalam Hidup? Baca Selengkapnya!
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021