Quran Cordoba Memandu 920 Pelajar SMP di Kota Bandung dengan Bimbingan Menulis Al-Quran

Heri Mahbub

September 19, 2024

“Ya Allah, saksikanlah dengan menulis Al-Quran ini menjadi bukti kami mencintai-Mu” 920 Siswa di Kota Bandung serempak mengucapkan kalimat tersebut sebagai ikrar untuk mencintai Al-Quran yang dipandu Trainer dengan media penulisan dari Quran Cordoba.

Siswa sedang menulis Al-Quran, dari media penulisan Quran Cordoba
Siswa sedang menulis Al-Quran, dari media penulisan Quran Cordoba

Bandung – 18 September 2024 – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, Dinas Pendidikan Kota Bandung menggelar acara keagamaan dan menulis Al-Quran. Acara yang diikuti oleh 920 siswa muslim SMPN 44 Kota Bandung dari kelas 7, 8, dan 9 ini berlangsung pada hari Rabu, 18 September 2024 di Aula Masjid Pusdai Jawa Barat dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Acara ini merupakan inisiatif Dinas Pendidikan Kota Bandung khususnya SMPN 44 untuk mempererat hubungan para siswa dengan Al-Qur'an. Melalui kolaborasi dengan penerbit Quran Cordoba, dan yayasan Nur Quran Indonesia kegiatan ini tidak hanya menjadi momentum penting untuk menulis ayat-ayat suci, tetapi juga untuk mempelajari nilai-nilai Al-Qur'an secara mendalam.

BACA JUGA: Launching Toko Quran Cordoba, Belanja Berkualitas dalam Bingkai Keimanan

 

Bimbingan Menulis Mushaf Al-Qur’an dari Quran Cordoba

Quran Cordoba, sebagai penerbit Al-Qur’an terkemuka di Indonesia, hadir sebagai fasilitator media penulisan Al-Quran di acara ini. Bersama dengan tim, ada bimbingan menulis mushaf Qur’an kepada para siswa. Dengan metode yang mudah dipahami, tim panitia dan Cordoba membimbing para siswa dalam menulis ayat-ayat suci dengan tepat dan penuh kesabaran.

Panitia dari Quran Cordoba menyampaikan sangat bangga bisa menjadi bagian dari acara mulia ini. “Ini adalah langkah nyata untuk memperdalam kecintaan pelajar terhadap Al-Qur'an, serta menanamkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya membaca, menulis, dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.”

 

Motivasi Spiritual dan Menulis Quran dari Ibu Tika Nur Afianty

Acara ini juga dimeriahkan dengan sesi motivasi spiritual dari Ibu Tika Nur Afianty, seorang Trainer ESQ For teen yang telah berpengalaman sejak tahun 2006. Dengan latar belakang sebagai Coach bersertifikasi nasional dan penulis buku parenting, Ibu Tika memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia anak, remaja, dan keluarga.

Dalam sesi motivasinya, Ibu Tika menekankan pentingnya Al-Qur'an sebagai pedoman hidup di keluarga dan mengajak para siswa untuk menjadikan kegiatan spiritual dan menulis ini sebagai refleksi kecintaan mereka terhadap Allah dan Rasul-Nya.

Menulis ayat-ayat suci bukan hanya sekadar melatih kemampuan menulis, tetapi juga sebagai bentuk ibadah. Ini adalah cara kita berinteraksi lebih dekat dengan Al-Qur'an.

Ibu Tika mengajak para siswa merenung dan muhasabah, memberi motivasi penuh semangat. Pesannya dari acara ini siswa mampu mengambil pelajaran bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai mulia Al-Qur'an dalam diri dan keluarga untuk kesuksesan hidup dunia akhirat, maka contoh Rasulullah sebagai teladan.

920 siswa khusyu dan sabar menulis Quran

Ia juga memberikan pesan kepada para siswa agar senantiasa memanfaatkan masa muda mereka dengan mendekatkan diri kepada Al-Qur'an. Membaca, memahami, mengamalkan bahkan menulisnya.

“Kalian adalah generasi penerus bangsa. Dengan menulis dan memahami Al-Qur'an, kalian sedang mempersiapkan diri menjadi pribadi yang lebih baik, baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” tambahnya.

Ibu Tika juga menjelaskan ada 5 manfaat menulis Al-Quran, diantaranya:

1. Menguatkan daya ingat dan hafalan

2. Melatih berfikir sistematik

3. Menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan

4. Mengasah kreativitas dan kemampuan kognitif

5. Melatih ketenangan dan ketundukan kepada Allah SWT

 

BACA JUGA: Sejarah Turunnya Al-Quran dalam 2 Periode, Ini Penjelasannya

Tujuan dan Harapan dari Menulis Al-Qur’an

Mengusung tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada para siswa, serta membangun keterampilan literasi Al-Qur'an sejak dini. Dinas Pendidikan Kota Bandung berharap bimbingan ini dapat menjadi langkah awal dalam membentuk generasi muda yang lebih akrab dengan Al-Qur'an dan menjadikan kitab suci sebagai pedoman dalam hidup mereka.

Restu Kurniawan, dari tim media menulis Al-Quran sekaligus marketing Quran Cordoba menuturkan, “Kami sangat berharap acara ini bisa memotivasi para siswa untuk lebih sering membaca dan menulis Al-Qur'an. Semoga acara ini bisa diadakan secara rutin di masa mendatang.”

 

Tingginya Antusiasme Para Siswa

Para siswa yang hadir tampak sangat antusias mengikuti setiap rangkaian acara. Mereka diberi kesempatan untuk menulis mushaf Al-Qur'an dengan arahan yang tepat dari panitia dan tim Quran Cordoba. Selain itu, mereka juga mendapatkan pemahaman singkat tentang isi dan makna dari ayat-ayat yang ditulis.

Salah satu siswa, dari kelas 9 SMPN 44 Kota bandung, mengungkapkan, “Ini pengalaman luar biasa. Jadi merasa lebih dekat dengan Al-Qur'an, dan sekarang saya memahami betapa pentingnya menjaga bacaan dan tulisan ayat-ayat suci. Terima kasih kepada Quran Cordoba dan ibu Tika yang telah memotivasi kami semua.”

 

BACA JUGA: Keajaiban Al-Quran Menjawab Tantangan Zaman

Penutup

Acara menulis Al-Quran diakhiri dengan menyanyi bersama, mematikan lampu dan menghidupkan flash Handphone semua siswa. Semua bahagia, terharu, berdoa dan membaca selawat kepada Rasulullah. Para siswa pulang dengan membawa lembaran mushaf yang telah mereka tulis, dan dengan harapan bahwa kegiatan ini menjadi rutinitas tahunan yang dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk mencintai dan memahami Al-Qur'an.

Metode pembelajaran menulis dari Quran Cordoba

Acara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, selain dinas pendidikan kota Bandung, juga Nur Quran Indonesia dan Quran Cordoba sebagai penyedia media menulis Al-Quran. Semoga terus berkomitmen untuk mempromosikan literasi Al-Qur'an di kalangan generasi muda.

Insyaallah

Baca Juga

Quran Cordoba Sambut Hangat Kunjungan World Assembly of Muslim Youth (WAMY) Riyadh, Bahas Kerjasama Pengadaan Al-Qur’an

Quran Cordoba dan WAMY Pusat di Riyadh akan memperkuat sinergi dan kerjasama dalam pengadaan dan penyebaran mushaf Al-Quran berkualitas internasional. Harapan dari kerjasama ini semoga membawa manfaat besar bagi umat Muslim di dunia. Baca selengkapnya untuk mengetahui berita lebih lanjut tentang kolaborasi penting ini!
Selengkapnya

BAZNAS RI Bersama Cordoba Ajak Masyarakat Bersedekah dengan Beli Al-Quran

Kini bersedekah semakin mudah dan bermakna! BAZNAS RI bersama PT Cordoba Internasional mengajak Anda berbagi melalui program "Sedekah Penjualan Produk Al-Qur'an Cordoba". Dengan Al-Quran berkualitas tinggi sekaligus menebar kebaikan dengan setiap pembelian yang Anda lakukan!
Selengkapnya

Quran Cordoba Memandu 920 Pelajar SMP di Kota Bandung dengan Bimbingan Menulis Al-Quran

“Ya Allah, saksikanlah dengan menulis Al-Quran ini menjadi bukti kami mencintai-Mu” 920 Siswa di Kota Bandung serempak mengucapkan kalimat tersebut sebagai ikrar untuk mencintai Al-Quran yang dipandu Trainer dengan media penulisan dari Quran Cordoba.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021