Artikel

3 Makna Surat Al-Fatihah Sesuai Namanya

Heri Mahbub

June 1, 2024

Berjumlah 7 ayat, makna surat Al-Fatihah dapat berbeda-beda sesuai dengan namanya. Al-Fatihah ini merupakan surat pembuka dari Al Quran dan wajib dibaca oleh umat muslim ketika menunaikan ibadah salat.

Lengkap 7 Ayat Surah Al-Fatihah

Ada pendapat masyhur bahwa Al-Fatihah tergolong surah Makkiyah (diturunkan sebelum hijrah ke Makkah), ada juga pendapat lain diturunkan di Madinah. Apapun perbedaan tafsirannya, isinya berupa pokok agama, pujian, dan permintaan pertolongan jalan lurus kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Mendalami Makna Surat Makkiyah dan Madaniyah dalam Al-Quran
BACA JUGA: Sejarah Turunnya Al-Quran dalam 2 Periode, Ini Penjelasannya

3 Makna Surat Al-Fatihah Sesuai Namanya

Surat Al-Fatihah memiliki banyak nama, bahkan ulama hadis menyebutkan ada puluhan nama untuk menunjukkan keagungannya dalam agama Islam. Berikut sejumlah 3 sebutan nama surat Al-Fatihah beserta maknanya.

1.      Al-Fatihah atau Fatihatul Kitab

Al-Fatihah sendiri memiliki arti pembukaan dari kitab. Sedangkan sebutan Fatihatul Kitab maknanya adalah pembukaan dari Al-Quran. Istilah ini diambil dari sabda Nabi Muhammad SAW.

Makna surat Al-Fatihah ini sesuai dengan yang diterangkan dalam kitab Kasyifah as-Saja Syarah Safinah an-Naja karya Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi, demikian bunyinya:

وَتَجِبُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ سَوَاءٌ الصَّلاَةُ السِّرِّيَّةُ وَالْجَهْرِيَّةُ وَسَوَاءٌ اْلإِمَامُ وَالْمَأْمُوْمُ وَالْمُنْفَرِدُ لِخَبَرِ الصَّحِيْحَيْنِ

لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

Artinya “(Membaca Al-Fatihah) wajib di setiap rakaat, baik shalat dengan bacaan pelan (Zhuhur dan Ashar), ataupun keras (Maghrib, Isya’, Subuh dan Jum’at), sebagai imam, makmum ataupun sendirian, sesuai dengan hadis riwayat Bukhari Muslim: “Tidak sah shalat orang yang tidak membaca al-Fatihah.”

Disebut sebagai pembukaan karena dilihat dari sisi penyusunan Al-Quran dalam bentuk tertulis, bukan dari urutan penurunan ayatnya. Karena jika berdasarkan surat pertama yang turun maka itu adalah surat Al-Alaq.

Adapun pembacaan Al-Fatihah yang tepat oleh makmum yaitu ketika imam selesai membaca Al-Fatihah kemudian mengucapkan amin. Sebaiknya makmum tidak membarengi imam ketika membaca Al-Fatihah, tetapi menunggu imam selesai dan diam sejenak.

BACA JUGA: Tata Cara sholat Istikharah: Niat, Tata Cara dan Bacaannya

2.      As-Sab’ul Matsani (7 Ayat yang Dulang-ulang)

Al-Fatihah juga disebut dengan nama As-Sab’ul Matsani. Makna surat Al-Fatihah tersebut artinya 7 ayat yang berulang-ulang. Disebut 7x diulang karena Al-Fatihah dibaca berulang kali setiap rakaat salat.

Sebagaimana diambil dari firman Allah Surah Al-Hijr: 87 yang bunyinya sebagai berikut:

وَلَقَدْ اٰتَيْنٰكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِيْ وَالْقُرْاٰنَ الْعَظِيْمَ

Artinya: “Sungguh kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Quran yang agung.”

Namun Al-Hafizh Ibnu hajar rahimahullah juga menjelaskan bahwa ulama sendiri berbeda pendapat mengenai makna surat Al-Fatihah As-Sab’ul Matsani, namun semuanya sama-sama diambil dari kata Matsani:

·         Tujuh ayat diulang-ulang setiap rakaat salat.

·         Surah dengan isian pujian kepada Allah Ta’ala.

·         Surah yang diturunkan khusus umat Islam dan tidak diturunkan pada umat-umat sebelumnya.

3.      Ummul Quran (Induk Al-Quran)

Ummul Kitab merupakan artinya induk kitab karena mengandung semua ajaran dalam Al-Quran baik tentang ketuhanan, ibadah, alam, akhirat, maupun sejarah.

Kata “umm” jika dilihat dari segi bahasa artinya “induk.” Maka disebut ummul quran karena merupakan asal atau sumber, seperti ibu yang datang lebih dahulu daripada anak dan merupakan sumber kelahirannya.

Makna surat Al-Fatihah sebagai induk Al Quran ini juga diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Abu Hurairah RA yang bunyinya sebagai berikut:

مَنْ صَلَّى صَلَاةً، لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ، فَهِيَ خِدَاجٌ– ثَلاَثًا – غَيْرُ تَمَامٍ

Artinya: “Barangsiapa yang shalat lalu tidak membaca Ummul Qur’an, maka shalatnya kurang—beliau mengulanginya tiga kali—tidak sempurna” (Shahih Muslim, Hadis nomo 598).

Selain itu Nabi Muhammad SAW juga bersabda melalui hadis riwayat Ubadah bin Shamit yaitu:

لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

Artinya: “Tidak sah sholat seseorang yang tidak membaca surat Al-Fatihah” (Shahih Bukhari, Hadis nomor 714).

BACA JUGA: Tata Cara Sholat di Perjalanan dan Dalilnya

Dari makna surat Al-Fatihah tersebut dapat diketahui bahwa Al Fatihah adalah syarat wajib salat yang sah. Dapat dilihat dari kata “lâ shalâta” yang artinya nafyus sihhah atau tidak sah.

Sedangkan kata “khidâj” memiliki arti an-naqshu wal fasâd atau kurang dan rusak. Maka membaca Al-Fatihah sudah menjadi kewajiban setiap umat muslim ketika menunaikan ibadah salat.

Al-Quran surah Al-Fatihah bukan hanya sekadar doa pembuka dalam ibadah salat. Terdapat makna kehidupan, lambang pengabdian, permohonan hidayah, petunjuk jalan lurus, dan pengingat kesesatan dalam makna surat Al-Fatihah.

 

Wallahu'alam

Baca Juga

Penghafal Al-Quran yang Sejati: Menjaga Kemuliaan dan Menjauhi Penyakit Hati

Heri Mahbub
October 17, 2024
Menjadi Penghafal Al-Quran adalah kemuliaan, kebanggan, dan kesehatan hati karena ia adalah As-Syifa. Tetapi penyakit hati dapat menghambat proses ini. Mari kita kenali beberapa penyakit hati yang sering mengganggu jiwa seorang penghafal Al-Qur'an.
Selengkapnya

Hidupmu Sebening Tilawah Al-Qur'an: Temukan Ketenangan dan Kebahagiaan

Heri Mahbub
October 9, 2024
 Bagaimana Tilawah, Tadabur, Membaca, Menghayati, Mengamalkan, dan Menghafal Al-Qur'an Membawa Kedamaian dan Kebahagiaan dalam Hidup? Baca Selengkapnya!
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021