Artikel

5 Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Heri Mahbub

June 20, 2024

Kesehatan adalah salah satu nikmat Allah yang sering membuat manusia lalai. Untuk itu menjenguk orang sakit dapat meningkatkan rasa bersyukur.

Menjenguk orang Sakit

Ketahui keutamaan menjenguk orang sakit menurut islam pada artikel berikut ini. Menemui orang sakit memiliki manfaat yang banyak diantaranya belajar untuk berempati, mendorong seseorang untuk selalu bersyukur, serta mendapatkan ilmu untuk bisa selalu menjaga kesehatan.

Selain itu menengok orang tidak sehat juga bisa menjadi ladang pahala untuk Anda. Namun, tidak asal menjenguk saja, ada beberapa adab harus dilakukan oleh umat muslim berikut adalah penjelasannya.

5 Keutamaan Menjenguk Orang Sakit Menurut Islam

Ternyata menjenguk orang yang sakit memiliki banyak keutamaan. Sakit merupakan salah satu ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk bisa merasakan syukur atas kenikmatan sehat.

Diantara sekian banyak adab serta amalan tercantum dalam Al-Quran, menjenguk orang yang sedang sakit merupakan salah satu amalan paling mulia. Banyak sekali keutamaan menjenguk orang sakit. Berikut ini beberapa amalan bisa didapatkan ketika Anda menengok saudara yang sedang tidak sehat.

BACA JUGA: Sehat Ala Rasulullah, Beginilah Polanya

1.  Seperti sedang memasuki kebun surga

Rasul pernah bersabda bahwa siapa saja menengok saudaranya tengah sakit maka dirinya sedang berada di kebun surga sampai dirinya kembali lagi. Jika Anda bersedia untuk meluangkan waktu bagi pagi atau sore hari untuk menengok seseorang yang sedang diuji kesehatannya. Dapat diibaratkan Anda sedang ada di kebun surga lalu memanen buah-buahannya.

2.  Sedang berada dalam rahmat Allah

Menurut Hadist Riwayat Al-Bukhari siapa saja yang menjenguk orang tengah tidak sehat maka mereka sedang masuk ke dalam rahmat Allah dari mulai duduk hingga keluar dan pulang ke rumah.

3.  Mendapatkan doa-doa kebaikan yang disampaikan oleh malaikat

Para malaikat juga akan senantiasa mendoakan para penjenguk. Jika Anda melakukannya pada pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat hingga waktu sore hari.

Begitu juga sebaliknya ketika menengok pada waktu sore hari maka malaikat akan bersalawat hingga pagi hari. Ketika malaikat bersalawat artinya sebanyak para malaikat sedang memberikan doa-doa baik pada Anda.

4.  Mempersiapkan tempat tinggal di dalam surga

Keutamaan menjenguk orang sakit selanjutnya adalah telah dipersiapkan tempat tinggal di dalam surga. Tempat tinggal tersebut dipersiapkan langsung oleh malaikat.

Apalagi Anda senantiasa menemani saudara yang sedang sakit. Oleh sebab itu, saat menjenguk lebih baik untuk berlama-lama dan menghibur saudara sedang tidak sehat.

5.  Mendapatkan jaminan kebaikan dari Allah

Seseorang yang menengok orang tidak sehat juga akan mendapatkan banyak sekali pahala sekaligus jaminan kebaikan dari Allah SWT. Ini diriwayatkan dalam hadist Ahmad dan At-Thabrani, Rasulullah bersabda bahwa ada lima perkara jika Anda lakukan akan mendapatkan jaminan dari Allah SWT dan salah satunya adalah menengok orang sakit.

BACA JUGA: Berziarah ke Makam Rasulullah, Simak Doa dan Adabnya

Adab Menjenguk Orang Sakit Menurut Islam

Tidak hanya sekedar menengok saja, ada beberapa adab yang bisa dilakukan oleh umat muslim agar bisa mendapatkan keutamaan dari menengok orang tidak sehat. Berikut ini adab menengok orang yang tidak sehat menurut islam.

1.  Niat

Pertama adalah menyiapkan niat tulus. Niat adalah kunci utama yang harus dipersiapkan. Niatkan diri untuk bisa memberikan semangat, memberikan motivasi dan memberikan doa-doa tulus agar orang tersebut bisa segera pulih.

2.  Memperhatikan Waktu

Saat menengok Anda juga harus memperhatikan waktu, jangan sampai saat datang Anda menganggu waktu istirahatnya. Nabi Muhammad SAW memberikan saran kepada umatnya untuk menjenguk pada waktu pagi hari atau sore hari. Waktu tersebut dipilih agar tidak menganggu waktu istirahat dan tidak bertabrakan dengan waktu ibadah.

3.  Berbicara dengan Lembut

Menjaga ucapan adalah hal yang paling penting. Anda harus berbicara dengan lembut dan lebih berhati-hati. Hindari pembicaraan dapat memicu pasien khawatir atau bahkan bisa menyebabkan stres.

4.  Menjaga Kebersihan

Yang paling penting adalah menjaga kebersihan, pastikan Anda mencuci tangan dan menggunakan pakaian sudah bersih sehingga saat sedang menengok tidak membawa kuman atau virus yang dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

5.  Membawa Buah Tangan

Adab selanjutnya untuk bisa mendapatkan keutamaan menjenguk orang sakit adalah membawa buah tangan. Buah tangan yang dimaksud adalah bingkisan biasa diberikan bisa berupa buah, makanan sehat dan masih banyak lagi. Memberikan buah tangan juga termasuk sedekah yang akan mendatangkan lebih banyak kemuliaan dan pahala.

Kesehatan adalah salah satu nikmat Allah sering membuat manusia lalai. Untuk itu menjenguk orang sakit dapat meningkatkan rasa bersyukur dan menjadi pengingat atas nikmat kesehatan tubuh yang dikaruniai oleh Allah SWT.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021