Artikel

8 Keutamaan Bacaan Sholawat di Bulan Ramadhan

Heri Mahbub

June 2, 2024

Sholawat di bulan Ramadhan pastinya mempunyai keutamaan tersendiri khususnya bagi umat Islam. Beberapa keutamaan dari sholawat di bulan Ramadhan begitu bermanfaat terutama bagi umat Islam, sehingga jangan sampai Anda melupakannya.

Bacaan Sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Ramadhan merupakan bulan suci serta mulia serta banyak memberikan kemaslahatan bagi seluruh muslim di dunia. Dalam bulan tersebut, seluruh umat Islam diperintahkan langsung oleh Allah SWT untuk berpuasa sebulan penuh.

Setiap amal ibadah yang dilakukan pada bulan tersebut dijanjikan Allah akan dilipatgandakan. Tidak terkecuali, bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang tentu saja mendapatkan pahala begitu besar. Oleh karenanya, Anda sekalian jangan sampai melupakan atau melewatkan amalan ibadah yang cukup ringan diucapkan tersebut.

Apa Saja Keutamaan Sholawat di Bulan Ramadhan?

Anda mungkin belum mempraktikkan bersholawat kepada Rasulullah hingga sekarang. Alasannya belum mengenal keutamaan serta cara-caranya atau mungkin alasan lainnya. Padahal perintah bersholawat seperti itu sudah tertulis di dalam Al-Quran, sehingga sebagai umat Islam seharusnya melakukannya.

Oleh karenanya, silahkan membaca beberapa keutamaan sholawat di bulan Ramadhan berikut. Selain menambah pengetahuan dalam beragama Islam, juga bisa segera dipraktikkan untuk berharap mendapatkan pahala dari Allah SWT.

1.      Menambah Pahala

Melantunkan sholawat atas Nabi Muhammad tentu saja mendapatkan pahala bagi setiap orang yang melakukannya. Pada hari atau bulan-bulan biasa saja berpahala, apalagi di bulan Ramadhan yang begitu agung. Insya Allah pahalanya akan dilipatkangandakan serta menjadi keberkahan tersendiri.

2.      Menolak Bala

Keutamaan lainnya, yaitu mampu menolak bala, seperti penyakit, gangguan jin, atau sejenisnya. Anda perlu bersholawat dengan baik dan benar sesuai tuntunan Al-Quran dan Al-Hadist. Selain itu, melantunkannya juga harus dengan niatan tulus dan ikhlas, agar diterima oleh Allah, mendapatkan pahala, serta terhindar dari bala.

3.      Mendapat Ampunan Dosa

keutamaan sholawat di bulan Ramadhan berikutnya, yaitu mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Pada bulan suci Ramadhan, semua umat Islam harus berlomba-lomba beramal soleh sebanyak mungkin. Tujuannya bukan hanya mendapatkan sekaligus mengumpulkan pahala, tetapi juga penghapusan dosa.

Apalagi hal tersebut dilakukan pada bulan suci yang sudah dijanjikan akan menghapus dosa-dosa umat-Nya. Oleh karenanya, jangan pernah ragu dan malu untuk selalu bersholawat atas Rasulullah SAW. Bukan hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi juga di bulan lainnya dan setiap hari.

4.      Mendatangkan Keberkahan

Anda sekalian pasti ingin hidupnya selalu dengan keberkahan, bukan? Jika seperti itu, jangan lupa untuk melantunkan sholawat setiap waktu dalam aktifitas keseharian. Hal itu juga termasuk salah satu keutamaan sholawat di bulan Ramadhan yang harus diketahui.

5.      Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan Anda sekeluarga bisa selalu terjaga dan terlindungi dengan selalu melantunkan sholawat. Dengan begitu, aktifitas atas sehari-hari selalu terasa aman, lancar, rezeki cukup, dan pikiran serta hati merasa tenang. Salah satu bentuk keberkahan dan rezeki yang seharusnya Anda rasakan sekarang.

6.      Semakin Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Dengan selalu beribadah sesuai ketentuan di dalam Al-Quran dan As-Sunnah setiap hari dan setiap waktu, Anda bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta alam semesta ini, yaitu Allah. Maka dari itu, silahkan untuk mempraktikkannya dan jangan lupa untuk berdoa agar semua yang diinginkan dan cita-citakan dapat segera terwujud.

Hanya dengan ridho dari Allah saja, semua keinginan Anda di dunia dan di akhirat nanti terwujud. Selain ibadah-ibadah wajib, jangan lupa melakukan berbagai amalan sunnah yang begitu banyak. Salah satunya bersholawat kepada Rasulullah yang akan semakin mendekatkan diri kepada Allah Azza wa jalla.

7.      Memperlancar Rezeki

Keutamaan sholawat di bulan Ramadhan lainnya, yaitu bisa memperlancar rezeki Anda. Rezeki bukan hanya harta dan uang saja, tetapi juga keluarga terteram, kesehatan tubuh terjaga, serta keimanan semakin meningkat atau stabil. Jika belum mempercainya, silahkan dibuktikan sendiri dengan bersholawat setiap hari.

8.      Mempermudah Semua Urusan

Anda mungkin merasa sulit menyelesaikan aktifitas keseharian yang lebih banyak masalahnya daripada solusinya. Jika seperti itu, tidak ada salahnya mempraktikkan sholawat pada Rasulullah SAW terutama di bulan Ramadhan. Tentu saja dengan terus beribadah kepada Allah, selalu berikhtiar, dan jangan lupa berdoa meminta semua urusan dipermudah.

Ternyata, cukup banyak keutamaannya meskipun bersholawat ringan dan lirih saat mengucapkannya. Jika sudah mengetahui semua keutamaan sholawat di bulan Ramadhan diatas, jangan lupa untuk segera mempraktikkannya sendiri serta ajak semua anggota keluarga dan orang terdekat melakukannya.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021