Artikel

Al-Quran Terdiri dari Makkiyah dan Madaniyah, Ini Penjelasannya

Heri Mahbub

June 4, 2024

Mengetahui apa pengertian dari Al-Quran yang terdiri dari Makkiyah dan Madaniyah serta apa saja keuntungan membaca Al-Quran di setiap hari.

Mushaf Al-Quran besar dengan Kaidah Waqaf Ibtida

Sebagai umat muslim yang baik dan taat kita harus mengetahui bahwa Al-Quran terdiri dari surat-surat Makkiyah serta Madaniyah. Kira-kira apa arti dari kedua istilah tersebut? Tidak perlu khawatir, karena hal itu juga yang akan kami jelaskan di dalam pembahasan kali ini.

Sudah seharusnya kita membaca Al-Quran setiap hari karena bisa memberikan kita manfaat baik di dunia maupun di akhirat kelak. Banyak sudah membuktikan bahwa membaca Al-Quran bisa menimbulkan banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.

Mulai dari manfaat jasmani, dan juga manfaat rohani yang bisa membantu mempermudah semua urusan kita. Para ulama juga banyak mengatakan untuk, menyerahkan semua kepada Allah SWT maka akan membantu semua urusan Anda.

Arti dari Al-Quran Terdiri dari Makkiyah dan Madaniyah

Al-Quran merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan sebagai mukjizat melalui nabi terakhirnya yaitu Nabi Muhammad saw. Di dalamnya terdapat berbagai ayat merupakan sebuah seruan, ajakan, atau bahkan kisah-kisah para manusia dan nabi terdahulu.

Dikenal sebagai sumber dari segala sumber, Al-Quran menyediakan hampir semua pengetahuan bahkan sebelum pengetahuan tersebut ditemukan. Bahkan sudah ada banyak sekali ilmuan dunia yang menjadi muslim karena mengagumi isi kitab suci umat Islam.

Sebelum kita kenal menjadi suatu kitab suci seperti sekarang Al-Quran terdiri dari Makkiyah dan Madaniyah. Apakah Anda sudah mengetahui mengenai kedua istilah ini? Simak penjelasan dan informasi lengkapnya di bawah ini.

1.      Al-Quran terdiri dari Makkiyah

Sesuai dengan namanya Makkiyah merupakan sebutan atau istilah untuk surat-surat yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad ketika masih berada di Mekkah. Tepatnya surat-surat tersebut Allah turunkan sebelum Muhammad berhasil hijrah ke Madinah.

Surat Makkiyah memiliki beberapa karakteristik membedakannya dari surat Madaniyah. Mulai dari memiliki pesan akidah dan keimanan, ayatnya pendek, bahasa yang kuat dan puitis, perlawanan terhadap kemusyrikan, dan juga penekanan pada moral dan etika umat muslim.

Beberapa contoh surat yang diturunkan di Mekkah serta termasuk ke dalam golongan Makkiyah di dalam pembahasan kali ini adalah surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, surah Al-Mu’minun, dan juga surat Yasin.

2.      Al-Quran terdiri dari Madaniyah

Kebalikan dari Makkiyah, Madaniyah merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut surat-surat diturunkan setelah Rasulullah berhijrah di kota Madinah. Tepatnya setelah berhasil mengislamkan hampir seluruh kota Madinah yang sebelumnya dikuasai oleh kaum Yahudi dan perpecahan antar kabilah.

Surat Madaniyah dikenal karena memiliki isi berupa hukum dan peraturan, interaksi sosial dan politik, dan juga memiliki ciri-ciri memiliki ayat-ayat lebih panjang. Dengan begitu hampir semua surat yang berada di luar juz 30, juz 29 merupakan surat Madaniyah.

Keuntungan dalam Membaca Al-Quran Setiap Hari

Sebagai umat muslim, tentu kita diwajibkan untuk mengimani segala isi dan tafsiran yang ada di dalam kitab suci umat Islam. Dengan begitu kita bisa menjadi salah satu umat terpilih yang mendapatkan perlindungan dari Allah SWT di akhirat kelak.

Selain itu ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membaca Al-Quran setiap hari. Penasaran apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Simak informasi lengkapnya di dalam pembahasan Al-Quran terdiri dari kali ini.

1.      Mendapatkan banyak pahala

Membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan yang mendapatkan timbangan berat di hari akhir nanti. Jadi usahakan untuk selalu membaca Al-Quran setiap hari paling tidak satu lembar setiap hari untuk mendapatkan pahala berlipat.

2.      Meningkatkan ketenangan diri

Banyak orang yang mengatakan kalau membaca Al-Quran secara rutin bisa membantu memberikan ketenangan dan kedamaian hati. Jadi daripada Anda harus pergi ke psikiater lebih baik Anda membaca Al-Quran untuk mendapatkan ketenangan hati.

3.      Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad

Membaca Al-Quran juga bisa menjadi salah satu cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad. Syafaat dari nabi bisa mengantarkan kita dengan mudah ke depan pinta surga untuk bertemu Allah SWT.

4.      Mendapatkan keberkahan dalam hidup

Umat Islam senantiasa membaca dan mengamalkan isi di dalam Al-Quran akan mendapatkan keberkahan dalam hidup. Semua urusan mereka akan dipermudah dan akan dijauhkan dari segala bahaya.

Membaca Al-Quran setiap hari bisa memberikan kita berbagai manfaat yang akan didapatkan di dunia maupun di akhirat kelak. Namun tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu pembahasan mengenai pembahasan Al-Quran terdiri dari Makkiyah dan Madaniyah.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021