Artikel

Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang Kepada Semua Hamba-Nya

Heri Mahbub

June 3, 2024

Bukti bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang untuk semua hamba-Nya begitu banyak dan dapat dirasakan setiap waktu.

Bacaan Basmallah yang Bermakna Allah Maha Pengasih dan Penyayang

Allah Maha Pengasih menjadi salah satu sifat wajib-Nya yang harus dipercaya oleh semua umat Islam sedunia. Maha Pengasih dapat diartikan Allah akan selalu memberikan rasa kasihnya untuk semua makhluk-Nya. Bukan hanya manusia saja, tetapi juga makhluk lainnya, seperti hewan serta tumbuhan.

Kedua sifat Allah tersebut juga sudah sering diucapkan dalam setiap kesempatan dalam bacaan Basmallah, yaitu Bismillahirrahmanirrahim. Bacaan tersebut sering diucapkan dan menjadi bukti bahwa Sang Kholiq memang benar-benar mengasihi dan menyayangi semua hamba-Nya tanpa terkecuali.

Mengenal Bukti-Bukti Bahwa Allah Maha Pengasih

Sebenarnya ada banyak buktinya dan mungkin Anda sekalian belum menyadarinya, baik secara langsung atau tidak. Sepertinya hal tersebut sudah sesuai dengan sifat manusia yang seharusnya selalu bersyukur. Terutama umat Islam yang sudah diberikan berbagai rezeki dan kenikmatan dalam kehidupannya sehari-hari.

Lalu, apakah Anda sudah bersyukur hari ini? Jika sudah, minimal ucapkan hamdallah untuk memuji kebesaran-Nya. Begitu juga saat mengagumi bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang bisa mengucapkan basmallah terutama saat ingin memulai aktifitas baik sehari-hari.

Lalu, apa saja bukti nyata bahwa Allah SWT benar-benar Maha Pengasih? Berikut beberapa diantaranya yang seharusnya Anda ketahui.

1.      Selalu Menerima Taubat Hamba-Nya

Allah akan selalu menerima taubat setiap hambanya dengan penuh kasih sayang. Meskipun dosanya sudah banyak dan diibaratkan setinggi gunung, tetapi orang tersebut mau bertaubat. Allah akan menerima taubatnya asalkan tidak mengulangi dosa dan kesalahannya.

Jadi, taubatnya diterima dengan syarat tidak akan melakukannya lagi perilaku buruk atau maksiatnya. Selain itu, benar-benar bertaqwa kepada Sang Khaliq dengan menjalankan semua perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya.

2.      Memberi Rezeki pada Semua Makhluk-Nya

Bukti lainnya bahwa Allah Maha Pengasih, yaitu menjamin rezeki pada semua makhluk-Nya tanpa terkecuali. Mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan sudah dijamin rezekinya. Khususnya untuk manusia bukan hanya umat Islam saja, tetapi seluruhnya yang hidup di dunia ini.

Perbedaannya, rezeki untuk umat Islam memiliki keberkahan tersendiri dan akan sealu tercukupi hingga nantinya meninggal dunia. Oleh karenanya, Anda sekalian harus selalu bersyukur setiap saat karena pemberian reseki dari Allah tersebut.

3.      Menambah Nikmat bagi Hamba-Nya yang Mau Bersyukur

Allah sudah menjanjikan akan menambah nikmat rezeki diberikan kepada setiap hamba-Nya yang mau bersyukur. Salah satu bukti Allah Maha Pengasih yang tidak bisa terbantah lagi. Bahkan, orang-orang non Islam yang belum mengakui Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa juga merasakannya.

Syaratnya hanya disuruh bersyukur setiap saat dari pemberian yang diterimanya. Entah rezeki yang Anda terima besar atau kecil, harus tetap bersyukur. Dengan begitu, rasanya akan selalu tercukupi dan terasa aman serta nyaman di hati.

Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang Bagi Semua Hamba-Nya

Dengan mengucapkan basmallah saat ingin memulai aktifitas tertentu, Anda sudah memuji Allah sebagai yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Selain mendapatkan pahala karena mengucapkannya, juga akan diberikan kemudahan, keberkahan, dan solusi tanpa diduga.

Oleh karenanya, Anda jangan malu, ragu, atau pelit saat mengucapkannya dengan janji-janji seperti itu. Sudah banyak orang yang membuktikannya sendiri bahwa kehidupannya lebih baik saat bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Caranya cukup mudah dan tidak perlu dipersulit karena hanya melakukan hal-hal ringan saja sebagai bukti Allah Maha Pengasih. Misalnya, mengucapkan kalimat tasbih, tahmid, hamdallah, basmallah, dan tahlil setiap saat.

Bukan hanya waktu sholat atau ibadah-ibadah khusus saja, tetapi dalam setiap kesempatan. Mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga akan beranjak tidur pada malam hari bisa mengucapkannya setiap saat.

Jadi, silahkan untuk membiasakan diri setiap hari mulai dari sekarang khususnya Anda yang belum melakukannya. Mulai dari diri sendiri, lalu dapat ditularkan kebiasaan baik tersebut kepada anggota keluarga lainnya atau orang-orang terdekat.

Dengan begitu, keberkahan akan selalu hadir bersama Anda setiap waktu dan dimana saja. Mulai di rumah, di jalan, tempat kerja, dan pastinya di masjid saat melakukan sholat jamaah lima waktu.

Banyak buktinya dan Anda bisa merasakannya sendiri setiap waktu. Setelah membaca uraian diatas, Anda sebagai umat Islam harus lebih memahami bahwa Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang benar-benar tidak dapat terbantahkan.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021