Artikel

Allah Maha Suci dalam Ayat-Ayat Al-Quran

Heri Mahbub

June 1, 2024

Dalam Al-Quran, Allah Maha Suci memiliki sifat Al Quddus yang artinya suci, kesempurnaan, terpuji dengan segala kebaikan dan keutamaan. Allah SWT sendiri mempunyai 99 nama yang baik dan dikenal dengan Asmaul Husna.

Penjelasan Allah Maha Suci di Ayat-ayat Al-Qur'an

Sifat Maha Suci memiliki makna bahwa Allah SWT adalah zat Maha Suci tidak memiliki kekurangan, aib, ataupun kesalahanseperti yang dilakukan manusia pada umumnya. Kesucian ini juga disebutkan dalambeberapa ayat Al-Quran.

Al Quddus atau kesucian dijadikanwirid dan dzikir sebagai pengingat. Asmaul Husna ini juga dapat dijadikansebagai contoh untuk menjalani kehidupan umat muslim agar memiliki sifatterpuji secara lahir dan batin.

Allah Maha Suci dalam Ayat-Ayat Al-Quran danArtinya

SifatAl Quddus (القدوس) disebutkan dalam beberapa ayat di Al-Quran. Dikutip dariberbagai sumber, berikut ayat-ayat Al-Quran tentang kesucian Allah SWT besertaartinya.

1.      QS.Al Hasyr ayat 23

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلٰمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ – ٢٣

Artinya“Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, YangMahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa,Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yangmereka persekutukan.”

2.      QS. Al-Jumu’ah ayat 1

يُسَبِّحُ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ – ١

Allah Maha Suci dalam surah ini memiliki arti “Apa yangada di langit dan apa yang ada di bumi senantiasa bertasbih kepada Allah.Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”

Merenungkan Asmaul Husna Al QuddusAllah SWT dapat dijadikan sebagai pengingat. Hendaknya umat muslim selalu menyucikandiri dari berbagai kebutuhan,menjauhkan diri dari perbuatan hina, dan menghiasi diri dengan berbuat baik.

Memaknai kesucian Allah SWT ini menjadi wirid dan dzikir agarmenyucikan diri secara zahir dengan membersihkan badan agar bersih danterhindar dari kotoran maupun penyakit.

Sedangkan memaknai arti Allah Maha Suci secara batin memilikimakna berupa menghindarkan hati dari sifat-sifat tercela dan tentunya dibenciAllah. Misalnya menerapkan perilaku rendah hati, tidak sombong, berprasangkabaik, dan lain-lain.

Apa Saja Hikmah dari Meneladani Kesucian Allah SWT?

Memahami kesucian Allah SWT tidakhanya dipelajari dan dipahami saja, melainkan menjadi teladan dalam kehidupansehari-hari. Terdapat beberapa hikmah atau teladan yang dapat diambil dari AsmaulHusna Maha Suci.

1.     Menikmati Ketetapan Allah Tanpa Prasangka Buruk

Ketikamenciptakan umat, Allah telah berjanji “Aku sesuai prasangka hamba-Ku.” Artinya,jika Anda berprasangka buruk maka akan menimbulkan malapetaka. Maka umatdihimbau untuk selalu berpikiran baik.

Percaya bahwa Allah Maha Suci memberikan hikmah meskipun manusia mengalami kejadian buruk dalam hidupnya. Melalui setiap peristiwa kehidupan, jadikan kesempatan untuk evaluasi diri sekaligus berubah menjadi lebih baik.

2.     Menerima Kekurangan Orang Lain

Kenyataan bahwa orang-orang di sekitar kita tidak sempurna. Mungkin secara fisik mendekati kesempurnaan, namun akhlak tentunya tidak ada yang sempurna.Contohnya memiliki sifat egois, pemarah, pelit, dan sebagainya.

Al Quddus menjadi pengingat bahwa semua orang termasuk kerabat dekat juga memiliki kekurangan di mana ini menjadi karakter pembeda satu sama lain. Maka perlu melatih diri menghadapi perbedaan karakter itu.

Makna Allah Maha Suci seakan menjadi pengingat bahwa manusia perlu berlatih menghadapi karakter dari pasangan hidup,anak, orang tua, asisten, orang baru dikenal, bahkan orang di jalan sekalipun.

Kesiapan mental dan terbuka dalam menerima keterbatasan orang lain akan membuat Anda mampu bersikap bijaksana. Kekurangan perlu disikapi sebagai ladang amal. Boleh ingin yang terbaik, tapi kesempurnaan tidak akan pernah ada.

3.     Memahami Ketidaksempurnaan Diri

Selain menerima kekurangan orang lain, hikmah dari memaknai Allah Maha Suci adalah memahami bahwa diri sendiri juga tidak sempurna. Hanya iman saja mampu menjadikan manusia lebih tinggi derajatnya daripada makhluk lainnya.

Tidak ada orang lain yang rendah hati kecuali jika Allah akan meninggikan derajatnya. Begitu juga tidak ada orang mampu meninggikan dirinya sendiri kecuali Allah akan merendahkan derajatnya.

Melalui ayat-ayat tentang kesucian Allah SWT dan hikmah yang dapat diambil, sebaiknya umat Islam mampu menerapkan sifat terpuji ini. Dengan meneladani Al Quddus, maka Allah Maha Suci akan menaikkan derajat hambanya.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021