Artikel

Apa itu Amanah, Simak Contoh dan Penjelasannya

Heri Mahbub

June 18, 2024

Dengan menerapkan salah satu sifat wajib Rasulullah SAW yaitu Amanah, kehidupan masyarakat akan terasa lebih damai dan mendapatkan pahala yang besar.

Mengamalkan Amanah dalam Kehidupan

Salah satu sifat wajib Rasulullah SAW adalah amanah atau al-wadi’ah yaitu dapat dipercaya. Sifat ini sangat identik dengan Rasul, terutama dalam melakukan penyebaran agama Islam. Menurut bahasa sifat ini memiliki arti janjl atau titipan yang dipercayakan seseorang.

Sangat berkaitan erat dengan rasa tanggung jawab, kesetiaan, ketulusan hingga kejujuran. Dalam kehidupan sehari-hari sifat ini bisa diterapkan pada pekerjaan, perbuatan hingga perkataan.

Pengertian dari Sifat Wajib Rasulullah SAW yaitu Amanah (Al-Wadi’ah)

Menurut bahasa Arab kata sifat ini memiliki arti keamanan, kedamaian serta keselamatan. Salah satu sifat wajib dimiliki oleh Rasullulah SAW ini mencakup perilaku adil, tepat waktu, selalu menetapi janji hingga berkomitmen dengan orang lain.

Jika seluruh umat manusia memiliki perilaku ini maka kedamaian dalam masyarakat akan terwujud. Lawan sifat amanah adalah sifat pengkhianatan, merupakan perilaku seseorang yang tidak dapat menjaga amanahnya.

Sifat al-Wadi’ah terus diturunkan dari zaman Rasulullah mempercayai dan menyembah Allah dan mematuhi hukum atas perintah-Nya. Ada beberapa bentuk Al-Wadi’ah yaitu kepada Allah SWT, kepada sesama manusia, serta kepada diri sendiri.

BACA JUGA: 4 Contoh Akhlak Kepada Rasulullah, Poin Terakhir Mempersatukan Muslim

3 Ayat Al-Quran yang Menyebut Amanah

Sifat Al-Wadi’ah memiliki hubungan yang erat dengan setiap manusia, perilaku ini menjadi salah satu cara agar manusia dapat dipercaya oleh manusia lainnya. Sangat penting diterapkan saat bersama keluarga, tempat kerja, lingkungan pertemanan dan masih banyak lagi.

Sifat amanah juga beberapa kali disebutkan dalam Al-Quran, berikut ini beberapa ayat menyebutkan Al-Wadi’ah.

1.  Quran Surat Al-Ahzab: 72

اِنَّا عَرَضۡنَا الۡاَمَانَةَ عَلَى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَالۡجِبَالِ فَاَبَيۡنَ اَنۡ يَّحۡمِلۡنَهَا وَاَشۡفَقۡنَ مِنۡهَا وَ حَمَلَهَا الۡاِنۡسَانُؕ اِنَّهٗ كَانَ ظَلُوۡمًا جَهُوۡلًا

Innaa 'aradnal amaanata 'alas samaawaati walardi wal jibaali fa abaina ai yahmil nahaa wa ashfaqna minhaa wa hamalahal insaanu innahuu kaana zaluuman jahuulaa

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung; tetapi semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat), lalu dipikullah amanat itu oleh manusia. Sungguh, manusia itu sangat zhalim dan sangat bodoh,”

Dari ayat tersebut menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah SWT telah menawarkan tugas keagamaan pada ciptaannya yang besar seperti langit, bumi hingga gunung. Namun, semuanya tidak siap menerimanya karena memikul amanah adalah pekerjaan berat.

Oleh karena itu, Allah SWT menawarkannya pada manusia, lalu tugas tersebut diterima dengan konsekuensi jika dilaksanakan dengan baik akan mendapatkan pahala, sedangkan jika sebaliknya dan mengkhianati Allah SWT akan dimasukkan ke dalam neraka.

2.  Quran Surat Al-Mukminun: 8

وَالَّذِيۡنَ هُمۡ لِاَمٰنٰتِهِمۡ وَعَهۡدِهِمۡ رَاعُوۡنَ

Wallaziina hum li amaanaatihim wa 'ahdihim raa'uun

Artinya :”Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya,”

Dalam ayat ini menerangkan tentang orang-orang mukmin telah beruntung karena dapat memikul amanat dan memeliharanya dengan baik. orang-orang mukmin akan menjauhkan dirinya dari sifat munafik.

3.  Quran Surat Al-Anfal: 27

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَخُوۡنُوا اللّٰهَ وَالرَّسُوۡلَ وَتَخُوۡنُوۡۤا اَمٰنٰتِكُمۡ وَاَنۡـتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ

Yaaa aiyuhal laziina aamanuu laa takhuunal laaha war Rasuula wa takhuunuuu amaanaatikum wa antum ta'lamuun

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.”

Pesan dari ayat ini adalah manusia hidup di bumi harus memiliki rasa syukur, apalagi mengingat segala kenikmatan yang Anda rasakan di bumi berasal dari Sang Pencipta Allah SWT.

Selain itu jangan juga Anda mengkhianati kekasih Allah SWT yaitu Rasulullah SAW, selalu penuhi perintahnya dan tidak mengkhianati amanat yang dipercayakan pada Anda.

BACA JUGA: Perbedaan Manusia Biasa dengan Rasulullah, Simak Penjelasannya

Contoh Penerapan Sifat Amanah (Al-Wadi’ah) Pada Kehidupan Sehari-Hari

Sifat Al-Wadi’ah berhubungan dengan rasa tanggung jawab seorang manusia. Berikut ini adalah contoh-contoh penerapan salah satu sifat dari baginda Nabi Muhammad SAW yang biasa Anda temukan pada kehidupan sehari-hari.

1.  Selalu menyampaikan informasi benar

Menyampaikan informasi jujur tanpa mengurangi dan menambahi informasinya. Informasi tersebut akan disampaikan oleh orang lain, sehingga Anda harus menjaga informasinya agar tidak berubah.

2.  Tepati janji

Perilaku menepati janji adalah salah satu sifat dari amanat. Semua janji yang telah diucapkan oleh manusia harus dirinya tepati, seperti datang ke sebuah acara tepat waktu.

3.  Tidak mengambil hak orang lain

Contoh sifat al-wadi’ah yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak mengambil hak orang lain baik itu berupa barang dan lainnya.

4.  Teliti dalam pekerjaan

Terakhir, contoh perilaku perilaku lainnya adalah selalu teliti dalam pekerjaan. Anda harus berusaha mengerjakan pekerjaan dengan semaksimal mungkin serta berusaha menghindari kesalahan dapat berakibat buruk untuk perusahaan.

BACA JUGA: Pentingnya Bekerja Keras dalam Islam

Apalagi mengingat Allah menjanjikan pahala yang besar bagi setiap manusia yang menjalankannya. Dengan menerapkan salah satu sifat wajib Rasulullah SAW yaitu amanah, kehidupan masyarakat akan terasa lebih damai.

Wallahu'alam

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021