Artikel

As-Salam Artinya Maha Pemberi Kesejahteraan, Ini Penjelasannya

Heri Mahbub

June 10, 2024

As-Salam artinya maha pemberi keselamatan yang memberikan banyak manfaat bagi umat manusia sebagai bagian dari sifat dan 99 nama Allah SWT.

Al-Quran banyak ayat tentang sifat Allah yang As-Salam

As-Salam artinya termasuk dalam salah satu Asmaul Husna atau nama Allah SWT. Artinya sendiri yaitu pemberi kesejahteraan atau keselamatan. Makna sebagai pemberi manfaat mempunyai banyak penjelasan, termasuk di dalamnya selamat dari kecacatan.

Mempunyai makna lebih dalam berupa Allah sebagai pemberi selamat dari cacat maupun aib. Melalui itu, berarti Allah memiliki sifat bebas dari segala kekurangan. Hal tersebut juga mempunyai arti jika aman dari segala keburukan.

Di Al-Quran nama As-Salam banyak diulang. Tidak hanya memiliki arti sebagai pemberi keselamatan dari cacat namun juga sumbernya. Tidak ada keselamatan kecuali yang asalnya dari Allah. Oleh sebab itu, kata ini menjadi sifat sekaligus nama Allah.

BACA JUGA: As-Salam dalam Asmaulhusna, Dalil dan Ayatnya di Al-Quran

As-Salam Artinya Sebagai Pemberi Sejahtera

As-Salam menjadi kata dengan makna cukup mendalam yaitu sebagai pemberi kesejahteraan. Setiap arti tersebut sangat penting untuk diketahui terutama bagi umat Islam. Berikut beberapa arti kata ini yang penting untuk dipahami:

1.     Berati Keselamatan

As-Salam sendiri mempunyai dasar kata yang sama dengan Islam, yaitu selamat. Sebagai petunjuk bahwa di dalam agama Islam menjunjung tinggi nilai-nilai keselamatan. Dalam ajaran sendiri tidak membiarkan umatnya celaka bahkan malahan menjauhkan dari celakanya.

Itu sebabnya sangat penting bagi orang Islam untuk selalu menjaga perkataan dan perbuatan dari upaya mencelakai orang lain. Sejatinya agama yang memberi keselamatan, sangat tidak mungkin muslim tega membuat orang lain celaka.

Selain itu, penting juga dalam mengupayakan kesejahteraan bagi semua orang. Hal tersebut sangat berguna bagi umat Islam untuk membantu menjaga agar hati dan pikiran selamat dari berbagai upaya buruk.

Upaya buruk tersebut berarti tipudaya, hasutan, dendam, serta berbagai keinginan berperilaku buruk. As-Salam artinya pemberi kesejahteraan yang seharusnya ditiru umat-Nya untuk berusaha menjaga diri dari perbuatan dosa.

2.     Bagian dari Asmaul Husna

As-Salam mempunyai artii salah satu sifat mutlak mengenai kesejahteraan. Kesejahteraan tersebut merupakan bagian dari sifat yang oleh makhluk sangat membutuhkannya. Sifat tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu terhindar dari kerugian.

Selain itu, berguna juga agar terhindar dari berbagai malapetaka, siksa, serta azab. Dengan adanya pemahaman mengenai kata sejahtera tersebut membantu dalam mengharapkan adanya imbalan. Imbalan tersebut berguna untuk memperoleh keikhlasan dalam ibadah.

As-Salam artinya sebagai Pemberi kesejahteraan mempunyai makna sebagai keselamatan pada mahluk. Pemahaman tersebut berguna menyempurnakan kemampuan akan bersikap tawakal terhadap Allah.

Kata ini juga mempunyai arti sifat yang maha besar sekaligus pemberi hikmah serta manfaat untuk dipahami. Memiliki arti Maha Pemberi Kesejahteraan sekaligus salah satu dari 99 nama Allah.

Nama Allah atau asmaulhusna,merupakan nama-nama yang dimiliki oleh Allah. Jumlah terdapat 99 dan tercantum di Al-Qur’an. Sebagai muslim sangat penting untuk mengetahui sekaligus memahami artinya.

As-Salam artinya sebagai pemberi kesejahteraan merupakan bentuk pujian terhadap Allah. Arti kata ini menekankan pada sifat keilahian Tuhan. Sifat ini juga sebagai pemberi gambaran mengenai kesempurnaan.

Hal ini menjadi bukti bahwa Allah sebagai sumber segala kesejahteraan serta kedamaian. Memahami arti kata ini membantu mengarahkan manusia untuk mencari serta apa yang dicari. Selain itu, juga sering disebutkan setiap hari ketika mengucapkan salam.

BACA JUGA: 5 Cara Berserah Diri Kepada Allah dengan Benar

3.     Kesempurnaan

Sebagai bagian dari sifat Allah, As-Salam artinya sebagai kesempurnaan. Meski satu kata, namun memiliki banyak makna, termasuk kesempurnaan serta bebas dari segala kekurangan. Melalui cara tersebut orang yang dekat dengan Allah akan merasakan ketenangan serta ketentraman.

Hal ini berkaitan dengan sifat Allah yang bebas dari semua cacat terlebih jika mempengaruhi ciptaan-Nya. Sebagai kesempurnaan artinya juga keamanan dan kedamaian terhadap semua ciptaan.

Karena Allah sempurna, maka melampaui segala kelemahan serta penderitaan. Sebagai kesempurnaan, Allah terbebas darisemua kesalahan. Baik itu segi esensi, sifat, serta tindakan.

As-Salam artinya semuanya terlepas dari berbagai kekurangan apapun. Ketika memiliki pemahaman mengenai esensi serta sifat Allah, sangat penting memahami bahwa segalanya sempurna. Baik itu berupa rahmat, keadilan, cinta, serta hukuman.

4.     Pemberi Kedamaian dan Keamanan

Mempunyai makna sebagai surga Allah yang damai serta aman. Dimana tempat tersebut memberi kedamaian secara sejati bagi hamba Allah. Sehingga menjadi pengingat bahwa Allah menjadi tempat untuk mencari kedamaian serta keamanan.

Cara tersebut bisa sebagai cara berdamai dengan orang lainnya. Termasuk mengenai ukuran suatu harapan. Ketika pemahaman mengenai keamanan ada pada Tuhan bukan hanya tujuan melainkan tempat.

BACA JUGA: 7 Contoh Akhlak Baik kepada Allah SWT, Simak Selengkapnya

Sebagai salah satu sifat Tuhan yang tertuang di dalam Al-Quran, As-Salam mempunyai arti penting. As-Salam artinya maha pemberi kesejahteraan, kesempurnaan, keamanan, dan kedamaian dari Allah untuk umat-nya.

Wallahu'alam

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021