Artikel

As-Salam dalam Asmaulhusna, Dalil dan Ayatnya di Al-Quran

Heri Mahbub

June 10, 2024

As Salam merupakan salah satu nama baik Allah SWT, sebagai seorang muslim disarankan agar menghafal sekaligus meneladani nama baik-Nya dalam kehidupan

Membaca Al-Quran untuk Meraih Allah yang As-Salam

As Salam merupakan salah satu nama baik Allah WT atau dikenal dengan sebutan Asmaul Husna. Sebagai seorang muslim, maka disarankan agar menghafal sekaligus meneladani nama baik Allah SWT dalam kehidupan.

Istilah dari Asmaul Husna pastinya sudah tidak asing lagi bagi umat muslim di seluruh dunia, tidak kecuali dengan masyarakat di Indonesia. Asmaul Husna sendiri terdiri dari 99 nama-Nya.

Sebagai informasi tambahan bahwa deretan nama Asmaulhusna ini dapat ditemukan di dalam Alquran. Bukan hanya baik saja, tetapi juga dapat menggambarkan bagaimanakah kesempurnaan yang dimiliki oleh Tuhan Yang Maha Esa dan di bawah adalah penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang Kepada Semua Hamba-Nya

Sekilas Tentang As Salam Asmaul Husna

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai sifat baik Allah ini, maka harus memahami dahulu apa itu Asmaul Husna. Keberadaan dari istilah tersebut berasal dari bahasa Arab yaitu Al Asma’u serta Al Husna dimana artinya baik dan indah sekaligus menyenangkan.

Keberadaan dari nama yang baik ini terdiri dari 99 buah dalam islam dan semuanya mempunyai arti berbeda. Sebut saja seperti As Salam dimana mempunyai makna Yang Maha Memberi Kesejahteraan.

Adapun arti dari nama baik Allah SWT ini adalah Dia yang mampu memberikan rasa aman dan damai bagi semua ciptaannya. Di samping itu, Allah berada di atas serta mampu melampaui apa semua kelemahan.

Ini juga menjadi satu-satunya Dzat yang bisa memberikan keselamatan kepada hambaNya yang tengah mengalami kesulitan. Tidak ada Dzat lain dimana mempunyai kemampuan sama seperti dengan Allah SWT.

Adapun dalil yang membahas As Salam ini terletak pada Surah Al Hasyr ayat ke 23. Berikut ini adalah ayat dari surat tersebut di dalam Alquran.

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلٰمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Adapun makna dari surat di atas memang sangat Indah yakni “Dia (Allah) tidak ada Tuhan selain Dia. Maharaja, Mahasuci, Mahasejahtera, Yang mampu menjaga keamanan, pemelihara keselamatan, Mahaperkasa, Mahakuasa, Mempunyai segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apapun yang dipersekutukan”.

Tidak hanya itu saja, dalil dari Asmaul Husna tersebut juga dapat Anda temukan pada Surah Al Hasyr ayat 24. Dimana membahas bahwa Allah menciptakan hingga membentuk suatu rupa serta mempunyai beberapa nama indah.

BACA JUGA: As-Salam Artinya Maha Pemberi Kesejahteraan, Ini Penjelasannya

Beberapa Manfaat Membaca As Salam

Setelah Anda memahami bagaimana pengertian dari As Salam yang termasuk ke dalam salah satu Asmaulhusna, maka berikutnya adalah harus mengetahui manfaatnya. Berikut adalah sejumlah keutamaan membaca nama baik Allah ini.

1.      Pintu Rejeki Akan Terbuka

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan membaca dan menghafalkan nama baik Allah adalah membuat pintu rejeki terbuka lebar. Bahkan Anda bisa memperoleh rejeki yang berasal dari berbagai sumber.

Allah sendiri akan menjanjikan adanya rejeki yang terbuka lapang apabila umat berdoa secara tulus. Maka dari itu, sebaiknya Anda harus lebih rajin dalam berdoa termasuk juga mengamalkan ibadah sunnah.

2.      Adanya Jaminan untuk Masuk Surga

Semua orang pastinya ingin masuk ke dalam surga setelah berada di Akhirat nantinya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa memberikan Anda bekal masuk ke surga termasuk juga dengan menghafalkan asmaulhusna ini.

Bukan hanya menghafalkannya saja, tetapi juga memahami makna yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut ternyata sudah dijelaskan di dalam HR Bukhari dan Muslim.

3.      Sesuai Saran Anjuran Rasulullah

Keutamaan berikutnya dari membaca nama baik Allah seperti As Salam tersebut adalah dianjurkan oleh para Rasul Allah kepada umatnya. Bahkan ada seorang sahabat yang pernah bertanya kepada Rasul mengenai Alquran ayat 180 surat Al A’raf, apakah mereka diperbolehkan mempelajarinya.

Rasul kemudian langsung membalasnya bahwa dianjurkan oleh setiap muslim yang mendengarkan untuk mempelajarinya. Jadi tidak ada salahnya agar Anda segera mempelajari nama baik ini.

4.      Dosa Akan Diampuni oleh Allah

Manfaat membacanya berikutnya adalah Allah bisa mengampuni dosa setiap umatnya. Terlebih lagi apabila Anda membacanya secara rutin sehingga akan meringankan hukuman di akhirat.

BACA JUGA: Mengeluh Kepada Allah, Jangan Kepada Selain-Nya

Asmaul Husna pastinya sudah bukan menjadi hal asing lagi bagi para umat muslim. Termasuk keberadaan dari As Salam ini dimana perlu dipelajari karena akan memberikan sejumlah manfaat nantinya.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021