Artikel

Bulan Safar: Makna dan Keistimewaan dalam Tradisi Islam

Abu Azam

August 12, 2024

Apa itu bulan safar? Kalender Hijriyah atau Qomariyah sama seperti Masehi ada 12 bulan dalam setahun. Salah satunya bernama Safar yang sering dimaknai sebagai bulan bepergian atau mengosongkan rumahnya. Bagaimana kita memahami bulan ini dan keistimewaannya sesuai ajaran Islam. simak selengkapnya.

Bulan Safar Waktunya Tradisi Bepergian Sejak Zaman Dahulu

Bulan Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki makna dan keistimewaan tersendiri dalam tradisi Islam, meskipun tidak sepopuler bulan-bulan yang lainnya seperti Ramadan dan Muharam. Dalam hal ini kita akan membahas pengertian bulan Safar dan keistimewaannya, serta beberapa amalan yang dianjurkan selama bulan ini.

1. Pengertian Bulan Safar

Kata ”Safar” dalam Bahasa Arab berarti “perjalanan”. Bulan ini dikenal sebagai bulan yang sering diasosiasikan dengan perjalanan dan pengembaraan. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Imam Ibnu Katsir:

صَفَرْ: سُمِيَ بِذَلِكَ لِخُلُوِّ بُيُوْتِهِمْ مِنْهُمْ، حِيْنَ يَخْرُجُوْنَ لِلْقِتَالِ وَالْأَسْفَارِ

Artinya, “Safar dinamakan dengan nama tersebut, karena sepinya rumah-rumah mereka dari mereka, ketika mereka keluar untuk perang dan bepergian.” (Ibnu Katsir, Tafsîrubnu Katsîr, [Dârut Thayyibah, 1999], juz IV, halaman 146).

 Dalam sejarah Islam, bulan Safar juga menjadi Momen dari beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi, seperti menikahnya Rasulullah SAW dengan Sayyidah khadijah dan kemenangan umat islam pada perang khaibar.

 2. Keistimewaan Bulan Safar

·         Bulan yang Dikenal dengan Perjalanan

         Safar seringkali dihubungkan dengan perjalanan, baik secara fisik maupun spiritual. Dalam konteks ini, bulan Safar dapat menjadi pengingat bagi umat Islam untuk merenungkan perjalanan hidup mereka dan tujuan akhir yang ingin dicapai.

·         Bulan yang Dihindari oleh Beberapa Masyarakat

         Dalam beberapa tradisi bulan Safar dianggap sebagai bulan yang membawa sial atau kesulitan. Namun, pandangan ini tidak memiliki dasar  dalam ajaran Islam. Islam mengajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari takdir Allah, dan tidak ada bulan yang membawa sial.

·         Peristiwa Penting di Bulan Safar

         Beberapa peristiwa penting dalam sejarah islam terjadi pada bulan Safar. Rasulullah SAW pernah melakukan berbagai hal yang mulia di bulan ini, misalnya Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan dengan Sayyidah Khadijah, Rasulullah SAW juga menikahkan Sayyidina Ali dengan Sayyidah Fatimah, dan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah juga terjadi di bulan Safar. Ini menjadikan bulan Safar sebagai bulan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

3. Amalan yang Dianjurkan

      Meskipun tidak ada amalan khusus yang diwajibkan selama bulan Safar, namun ada beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan spiritualitas:

·         Meningkatkan Ibadah

         Bulan Safar adalah waktu yang baik untuk meningkatkan ibadah, seperti  membaca Al-Qur’an dan memperbanyak berdoa. Ini adalah kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki diri.

·         Refleksi Diri

         Menggunakan bulan ini untuk merenungkan perjalanan hidup dan mengevaluasi diri. Apa yang telah dicapai dan apa yang perlu diperbaiki. Ini adalah waktu yang baik untuk membuat resolusi baru.

·         Berdoa untuk Kebaikan

         Memanjatkan doa agar diberikan perlindungan dan kebaikan dalam perjalanan hidup. Doa adalah salahsatu cara untuk meminta pertolongan Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan.

·         Menjaga Silaturahim

         Mengunjungi keluarga dan teman-teman untuk menjaga hubungan agar tetap terjalin dengan baik. Ini adalah bagian dari amalan sosial yang sangat dianjurkan dalam islam.     

Kesimpulan

         Bulan Safar memiliki makna dan keistimewaan tersendiri dalam tradisi Islam. Meskipun tidak sepopuler bulan-bulan yang lainnya, bulan ini tetap menjadi waktu yang penting untuk merenungkan perjalanan hidup dan meningkatkan ibadah.

         Dengan melakukan amalan yang baik dan menjaga hubungan sosial, umat Islam dapat memanfaatkan bulan Safar sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri supaya lebih dekat kepada Allah SWT. Semoga bulan Safar membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua Aamiin. 

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021