Artikel

Doa Perlindungan dari Setan dalam Surah An-Nahl Ayat 98

Heri Mahbub

June 5, 2024

Doa perlindungan dari setan dapat diamalkan agar senantiasa bisa terjauh dari segala bentuk godaan setan sehingga dapat fokus dalam beribadah

Doa memohon perlindungan kepada Allah dari setan

Beriman kepada Allah SWT menjadi sebuah keharusan. Menjalankan semua perintahNya sekaligus menjauhi segala laranganNya merupakan definisi paling sederhana dalam membuktikan rasa cinta kita kepada Allah. Hanya saja faktanya adalah bahwa ada banyak sekali ujian ketika ingin mewujudkan hal tersebut karena adanya setan yang selalu siap menyesatkan kapanpun.

Berdasarkan cerita sejarah, dahulu Allah SWT memerintahkan setan untuk bersujud kepada menciptakan Nabi Adam AS karena manusia memang merupakan makhluk Allah yang paling sempurna. Hanya saja ia menolak hal tersebut dan justru mengajukan permohonan agar diijinkan oleh Allah untuk memiliki hidup yang kekal. Tujuannya adalah agar bisa menyesatkan Nabi Adam AS beserta keturunannya.

Dan Allah SWT pun mengabulkan permohonan tersebut. Diijinkan menggoda iman manusia agar bisa diketahui seberapa kuat level keimanan manusia atas godaan - godaannya tersebut. Dimana godaan akan datang dari segala arah, sehingga bagi manusia yang tidak kuat iman tentu akan mudah disesatkan.

Sebenarnya doa perlindungan dari setan perlu diamalkan setiap hari agar selalu terhindar dari bujuk rayu dan siasatnya. Karena ia memiliki beberapa cara untuk melemahkan iman manusia seperti :

1.  Mengelabui Pikiran Manusia

Pikiran dan hawa nafsu merupakan salah satu cara sekaligus target dalam menyesatkan manusia. Terutama ketika manusia hendak menjalankan kewajiban seperti ibadah.

Sebagai contohnya adalah kewajiban menunaikan ibadah sholat. Ketika mendengar adzan subuh, setan akan membuat manusia merasa malas untuk bangun. Sehingga pada akhirnya akan melewatkan ibadah subuh dan bangun siang.

2.  Memberikan Tipuan Berkedok Janji

Umat muslim wajib mengamalkan doa perlindungan dari setan karena ia akan selalu berupaya memberikan tipuan berkedok janji. Allah SWT sebenarnya susah menjanjikan surga bagi umat muslim yang taat dan selalu menjaga keimanan dan keislamannya.

Namun ia sengaja menipu manusia dengan jaminan surga tanpa harus melakukan banyak syarat. Padahal sebenarnya itu hanyalah tipuan yang akan membawa manusia kedalam kesesatan.

3.  Menunda Tobat

Allah SWT itu Maha Pemurah dan Maha Pengampun. Sesering apapun manusia melakukan dosa, sebesar apapun dosa yang dilakukan jika bertaubat dengan sepenuh hati maka Allah akan membukakan pintu maafNya.

Namun setan akan selalu berusaha agar manusia menunda tobatnya. Sehingga akan terus - menerus melakukan dosa sampai ajal menjemput namun dalam keadaan belum memohon ampun kepada Allah.

4.  Membuat Manusia Lupa Larangan Allah

Alasan lain mengapa doa perlindungan dari setan harus diamalkan adalah agar manusia selalu ingat kodratnya sebagai umat muslim adalah hanya menyembah kepada Allah SWT, menjalankan seluruh perintahNya sekaligus menjauhi laranganNya.

Hal ini penting karena untuk menghindari tipu daya dimana tujuannya adalah selalu memberikan godaan agar manusia lupa dengan larangan - larangan tersebut, sehingga akan selalu melanggarnya.

Doa Perlindungan dari Setan dalam Surat An Nahl Ayat 98

Sebenarnya tak perlu bingung dalam memilih doa. Meskipun jumlah doa sangatlah banyak, namun beberapa diantaranya bahkan sudah ada didalam kitab suci Al Quran.

Dalam hal ini juga tersebut sudah tercantum dalam Al Quran yaitu Surat An Nahl Ayat 98. Bunyi dari doa perlindungan dari setan tersebut adalah :

فَاِذَا قَرَأْتَ الْقُرْاٰنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ ٩٨

Artinya : “Apabila engkau hendak membaca Al-Qur’an, mohonlah pelindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Sebelum membaca doa perlindungan dari setan diatas, dianjurkan juga membaca ta'awud dimana maknanya juga sama yaitu agar selalu berada dalam lindungan Allah SWT terutama dari godaan atau bisikan setan.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021