Artikel

Jadilah Pemaaf, Indahnya Memaafkan

Heri Mahbub

June 3, 2024

Jadilah pemaaf karena bukan hanya akan memberikan ketenangan terhadap diri sendiri akan tetapi juga memberikan kebahagiaan untuk orang lain.

Saling Maaf Memaafkan dengan Bersalaman

Untuk memaafkan kesalahan orang lain itu memang bukan harus mudah. Apalagi jika kesalahan tersebut bisa dikatakan cukup besar atau cukup menyakitkan hati. Biasanya seseorang sampai enggan untuk memaafkan.

Akan tetapi hal tersebut tentunya tidak dianjurkan oleh Islam. Umat Islam selalu dianjurkan untuk menanamkan cinta kasih, oleh karena itu jadilah pemaaf agar bisa menikmati hidup di dunia.

1.  Memaafkan untuk Kebaikan

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa memaafkan merupakan salah satu tindakan penuh kebaikan. Di dalam surah Al Nur (24:22) mengatakan bahwa memaafkan itu bukan hanya hubungan baik antar sesama manusia.

Melainkan, juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan belas kasih dan ampunan dari Allah SWT. Sebagai umat muslim tentunya harus selalu mendekatkan kepada Allah SWT agar senantiasa mendapatkan ampunan.

Karena dalam kehidupan sehari-hari pastinya tidak akan luput dari kesalahan dan dosa. Oleh karena itu manusia harus senantiasa memohon ampunan agar bisa terhindar dari bahaya api neraka.

2.  Memaafkan untuk Pendidikan Moral

Di dalam keluarga, salah satu hal yang cukup penting untuk diajarkan oleh para orang tua yaitu adalah pendidikan moral. Untuk itu jadilah pemaaf, supaya bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

Orang tua yang bisa memaafkan anak-anaknya ketika melakukan kesalahan adalah salah satu cara untuk mendidik dan juga mengajarkan nilai-nilai moral Islam. Ini sangat penting agar anak nantinya memiliki moral yang baik ketika sudah dewasa.

Islam sendiri selalu mengajarkan kepada umatnya menjadi seorang pemaaf untuk mendapatkan banyak keberkahan. Tidak terkecuali dalam hal hubungan antara orang tua dan anak.

Menunjukkan nilai-nilai moral Islam dalam keluarga ini akan meningkatkan rasa hormat, toleransi, dan kebaikan hati. Dengan begitu nantinya hubungan antar keluarga tentunya menjadi lebih harmonis antara satu dengan lainnya.

3.  Memaafkan untuk Menjaga Hubungan

Ketika menjalin hubungan dengan keluarga atau saudara tentu saja ada berbagai macam aspek penting perlu diperhatikan supaya tidak terjadi perpecahan. Contohnya saja yaitu menunjukkan sikap saling perhatian, tidak, sabar, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak bisa dipungkiri pastinya dengan saudara atau dengan keluarga sendiri Mungkin saja akan muncul masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang sekarang ada keluarga atau saudara yang sampai tidak berbicara karena masalah yang muncul.

Hal tersebut tentunya sangat tidak disukai oleh Islam, untuk itu dibutuhkan sikap saling memaafkan agar hubungan tetap baik antar sesama keluarga dan saudara. Bahkan untuk saudara-saudara non muslim, sangat penting untuk menjaga hubungan baik.

Masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari seharusnya tidak menyebabkan terjadinya keretakan silaturahmi. Justru dari masalah-masalah tersebut harus dihadapi dengan dewasa supaya tidak menimbulkan perpecahan.

4.  Memaafkan untuk Kedamaian dalam Masyarakat

Jadilah pemaaf, itu akan membentuk masyarakat yang damai. Dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja akan berhubungan dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Seringkali dalam hidup bermasyarakat itu juga akan muncul berbagai macam konflik atau masalah. Konflik atau masalah tersebut seharusnya tidak menjadi hal yang besar sampai menimbulkan perpecahan.

Ketika hidup di dunia ini memang seharusnya selalu menjalin hubungan baik dengan siapapun. Ketika memang ada masalah alangkah baiknya saling memaafkan untuk kebaikan bersama.

Menurut Islam memaafkan itu bukan hanya berkaitan dengan tindakan moral saja, akan tetapi hal tersebut juga adalah bagian dari ibadah serta pendidikan dalam keluarga dan masyarakat. Untuk itu, sebagai umat Islam jadilah pemaaf untuk menikmati segala bentuk keberkahannya.

 

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021