Artikel

Pesona Bunga Tulip Turki yang Penuh Keindahan

Heri Mahbub

June 10, 2024

Bunga tulip Turki memiliki sejarah cukup panjang hingga menjadi simbol budaya serta adat dari negara dengan jenis beragam dan kecantikan mempesona.

Keindahan Bunga Tulip di Turki

Bunga tulip Turki mempunyai pesona yang begitu khas dan penuh keindahan. Ini merupakan tanaman asli dari negara Turki sejak mulai tahun 1000. Pada masa kesultanan Ottoman, keberadaannya memiliki peranan cukup penting.

Pada masa kepemimpinan Sultan Ahmed III terdapat orang-orang khusus yang bertugas untuk membudidayakannya. Bahkan pimpinan dari dewan tersebut adalah seorang ketua perangkai dengan tugas memberi nilai kualitas serta nama.

Hanya bunga-bunga dengan kualitas terbaik bisa masuk dalam daftar tersebut. Agar bisa masuk ke dalam list terdapat berbagai standar baik dari segi tinggi maupun kelopak bunga. Selain itu, bentuk helaian jarak antar helai juga berpengaruh terhadap penilaian.

Fakta Menarik Bunga Tulip Turki

Tidak hanya menawarkan tampilan yang begitu indah, bunga ini juga mempunyai berbagai fakta menarik. Tulip jadi salah satu jenis tanaman cukup populer sekaligus indah dengan banyak warna dan juga bentuk. Berikut beberapa fakta menarik dari tanaman cantik ini:

1.      Simbol Budaya Turki

Tanaman ini menjadi bagian dari seni sekaligus budaya dari negara Turki. Bahkan sejak abad 12, tanaman berguna sebagai motif hiasan kerajinan tangan. Pada periode kesultanan Utsmani, bunga jadi sangat populer.

Bahkan karena indahnya, banyak menjadi inspirasi dari berbagai karya seni seperti lukisan, puisi, hingga fatwa. Di beberapa tempat seperti permadani, karpet, serta dekorasi istana memiliki motif berupa tulip.

Bahkan karena melekatnya dengan budaya negara Turki tergambar di berbagai barang penting lainnya seperti pakaian, koin, dan sebagainya. Hal tersebut karena bunga ini telah melalui proses panjang berdasarkan peradaban Turki.

Bahkan pada masa Kesultanan Ottoman bunga tulip Turki menjadi tanaman seluruh kota. Hingga pada akhirnya, menjadi simbol dari kota. Dengan jenis makin beragam melalui budidaya, bahkan salah satu era kerajaan terkenal sebagai era Tulip.

2.      Memiliki Nilai Sejarah

Untuk penemuannya sendiri pertama kali di kawasan Anatolia serta Pegunungan Pamir. Sebelum menjadi tanaman budidaya seperti sekarang, dulunya hanya berupa tumbuhan liar. Kemudian pada abad ke -12, masyarakat Anatolia mulai membudidayakan.

Bunga tulip Turki menjadi simbol penting di banyak barang serta pola dari dekorasi. Bahkan motifnya terukir pada berbagai kerajinan tangan. Di abad 15, kepopulerannya mencapai kawasan Eropa, bahkan masuk ke wilayah Belanda.

Di Belanda, kepopulerannya jadi sangat tinggi dan bernilai ekonomis. Pada masa pemerintahan Ottoman, tanaman ini menjadi hubungan diplomasi dengan Belanda.

3.      Memiliki Makna Berbeda Tiap Warnanya

Setiap warna dari jenis bunga mempunyai makna berbeda-beda. Seperti jika warnanya merah, mempunyai arti sebagai simbol kasih maupun ambisi kuat. Sementara putih, memberikan arti sebagai ketulusan atau kemurnian.

Jika warnanya kuning, maka menjadi simbol akan persahabatan serta perasaan gembira. Warna lainnya seperti ungu jadi tanda akan romansa maupun kemewahan. Sementara bunga tulip Turki hitam mempunyai arti kelangkaan.

Selain memiliki makna berbeda pada tiap warnanya, keberadaan motif juga memberikan arti tersendiri. Semua arti atau simbol tersebut berdasar pada adat maupun tradisi dari masyarakat Turki itu sendiri.

4.      Jenisnya Banyak

Fakta berikutnya dari bunga tulip, selain mempunyai banyak varian warna, juga beragam varietas atau jenis. Bahkan salah satu jenis paling terkenal dari tempat asalnya terkenal sebagai pengantin menangis.

Untuk jumlah total dari spesies terbaik yang ada di dunia yaitu sekitar 167. Dari total tersebut, 20 spesies diantaranya hanya bisa hidup di Turki. Oleh sebab itu, jika ingin merasakan keindahan secara langsung hanya bisa berkunjung negara satu ini.

Ketika musim semi, bunga akan mekar dengan sangat beragam serta warna-warni. Terlebih tanaman ini terkenal dengan kecantikannya. Keindahannya bahkan sudah diketahui dunia dengan beberapa negara menggunakannya sebagai simbol negara.

Sebagai negara pertama yang memiliki tanaman cantik ini, Turki menyebarkannya hingga seluruh penjuru dunia. Selain jenisnya yang sangat beragam, bunga tulip Turki sangat populer, terlebih akan keindahannya.

Keindahan tanaman terletak pada kelopak maupun bentuknya. Ketika musim semi di Istanbul, bunga-bunga akan bermekaran sehingga menyajikan pemandangan indah sekaligus menakjubkan.

Pada saat tersebut, semua orang dapat menyaksikan kecantikannya dengan berbagai warna berbeda. Di beberapa kawasan Istanbul, keberadaannya jadi daya tarik tersendiri ketika memasuki musim semi, yaitu sekitar April.

Bunga tulip memiliki sejarah cukup panjang dari awal jadi salah satu tanaman asli Turki hingga menyebar keseluruh dunia. Pada masa pemerintahan kesultanan Ottoman, bunga tulip Turki bahkan menjadi simbol hubungan negara dengan Belanda.

Baca Juga

Penghafal Al-Quran yang Sejati: Menjaga Kemuliaan dan Menjauhi Penyakit Hati

Heri Mahbub
October 17, 2024
Menjadi Penghafal Al-Quran adalah kemuliaan, kebanggan, dan kesehatan hati karena ia adalah As-Syifa. Tetapi penyakit hati dapat menghambat proses ini. Mari kita kenali beberapa penyakit hati yang sering mengganggu jiwa seorang penghafal Al-Qur'an.
Selengkapnya

Hidupmu Sebening Tilawah Al-Qur'an: Temukan Ketenangan dan Kebahagiaan

Heri Mahbub
October 9, 2024
 Bagaimana Tilawah, Tadabur, Membaca, Menghayati, Mengamalkan, dan Menghafal Al-Qur'an Membawa Kedamaian dan Kebahagiaan dalam Hidup? Baca Selengkapnya!
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021