Artikel

Pujian Bulan Ramadan Dalam Syair dan Lirik Lagu

Heri Mahbub

June 11, 2024

Pujian bulan Ramadan banyak dicari oleh sebagian besar umat muslim untuk dilantunkan selama bulan Ramadan karena menjadi momen yang sangat penting.

Keindahan Malam Bulan Ramadan

Pujian bulan Ramadan ternyata banyak dicari oleh sebagian besar umat muslim untuk dilantunkan selama bulan Ramadan. Ramadan menjadi salah satu momen yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia.

Bahkan tidak sedikit dari para muslim yang akan melakukan berbagai sambutan untuk menyambut bulan suci tersebut. Termasuk juga keberadaan dari lanjutan pujian yang membuat vibe bulan suci tersebut akan semakin terasa.

Adapun untuk pujian di bulan ini biasanya akan dilakukan sebelum salat tarawih ataupun menjelang salat fardu. Bahkan tidak sedikit dari tempat ibadah baik mushola atau masjid yang menyetel pujian agar dapat terdengar oleh masyarakat di sekitar.

Tujuannya jelas agar semarak dari Ramadan di rasakan oleh setiap orang. Apabila Anda penasaran apa sajakah pujian bulan Ramadan yang terbaik, maka kami sudah menyiapkan rangkumannya di bawah ini.

Hukum dan Contoh Pujian Bulan Ramadan

Untuk menyambut Bulan Ramadan, berbagai persiapan dilakukan agar umat muslim dapat khusuk serta semangat dalam menjalankan ibadah tersebut. Termasuk juga menyiapkan daftar pujian bulan Ramadan yang bisa dilanjutkan sebelum teraweh ataupun menjelang salat fardu.

Tetapi tidak sedikit dari Anda mungkin penasaran bagaimana sebenarnya hukum dari melantunkan pujian tersebut bukan. Sebagai informasi tambahan bahwa pujian sebelum salat ternyata termasuk ke dalam amaliyah kaum nahdliyin.

Itu dapat menjadi sebuah bukti bahwa mereka mencintai Nabi Muhammad SAW serta menjalankan berbagai ajarannya termasuk juga menunaikan puasa Ramadan selama satu bulan. Biasanya pujian akan dibaca ketika para jamaah telah berkumpul di dalam masjid hingga salat dilaksanakan.

Itu juga dapat menjadi salah satu cara agar membuat jemaah segera datang ke masjid untuk menunggu iqamah. Selain itu, juga terdapat sejumlah manfaat yang bisa didapatkan apabila membaca pujian ini.

Bukan hanya ketika salat fardu biasa, tetapi lantunan tersebut juga dapat dilakukan selama bulan Ramadan. Sampai disini, Anda mungkin penasaran apa sajakah pujian bulan Ramadan terbaik bukan? Di bawah ini, kami sudah menyiapkan sejumlah rekomendasinya untuk syair Marhaban Ya Syahru Ramadhan:

مَرْحَبًا شَهْرُ رَمَضَانْ

مَرْحَبًا شَهْرُ رَمَضَانْ مَرْحَبًا شَهْرُ الصِّيَامِ

مرحبا يا شهر رمضان ، مرحبا شهر القيام

مرحبا يا قادم الآن ، أنت لی غاية مرام

بقدومك ينجلی الران ، ويزول الإغتمام

مرحبا يا قرة اعيان ، يا شفا کل سقام

انت موسم کل احسان ، يا مشرف بالدوام

مَرْحَبًا شَهْرُ رَمَضَانْ

مَرْحَبًا شَهْرُ رَمَضَانْ مَرْحَبًا شَهْرُ الصِّيَامِ

مرحبا يا شهر رمضان ، مرحبا شهر القيام

مرحبا يا قادم الآن ، أنت لی غاية مرام

بقدومك ينجلی الران ، ويزول الإغتمام

مرحبا يا قرة اعيان ، يا شفا کل سقام

انت موسم کل احسان ، يا مشرف بالدوام

مَرْحَبًا شَهْرُ رَمَضَانْ

مَرْحَبًا شَهْرُ رَمَضَانْ مَرْحَبًا شَهْرُ الصِّيَامِ

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Membaca Pujian Bulan Ramadan

Dengan membaca pujian bulan Ramadan ternyata akan memberikan sejumlah manfaat bagi umat muslim. Berikut adalah beberapa manfaat atau keutamaan melantunkannya selama bulan suci Ramadan.

1.      Membuat Semangat Berpuasa

Secara tidak langsung dengan melantunkan syair tersebut ternyata juga akan bersemangat menjalankan ibadah puasa. Anda juga bisa beraktivitas dengan optimal meskipun menahan lapar dan haus selama seharian hingga magrib.

2.      Menambah Pahala

Dengan membacanya secara rutin selama bulan Ramadan juga akan menambah pahala para muslim dengan jumlah yang sangat besar. Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya harus melantunkannya secara rutin.

3.      Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Keutamaan lainnya yang bisa diperoleh adalah membantu Anda agar lebih dekat dengan sang pencipta. Sebab ketika Anda melantunkan pujiannya, maka akan senantiasa menyebut Allah SWT serta Rasulnya.

4.      Memperoleh Berkah dan Rahmat Bulan Suci

Seperti sudah diketahui bahwa Ramadan menjadi bulan suci bagi umat muslim sehingga harus dilakukan sebaik mungkin. Termasuk juga dengan melanjutnya syair bagus mengenai Ramadan dimana akan berikan berkah sekaligus rahmat.

Perlu diketahui bahwa keberkahan adalah hal yang mampu memberikan kebaikan sekaligus manfaat. Keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT juga sangat beragam bentuknya dan harus selalu disyukuri.

Demi menyambut bulan Ramadan, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriahkannya. Termasuk juga mempersiapkan pujian bulan Ramadan terbaik yang bisa dilantunkan.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021