Artikel

Raudhah Taman Surga di Masjid Nabawi

Heri Mahbub

June 15, 2024

Ada tempat indah bernama Raudhah taman surga di Madinah, dikelilingi oleh Masjid Nabawi yang megah dan memancarkan kesucian bagi jemaah haji dan umrah

Suasana di Raudhah tempat makam Rasulullah

Ada tempat indah bernama Raudhah taman surga letaknya di Madinah, dikelilingi oleh Masjid Nabawi yang megah dan memancarkan kesucian di kalangan pengunjung haji dan umrah. Untuk Anda yang penasaran mengenai taman surga ini bisa membaca pada ulasan ini.

Raudhah yang luasnya sekitar 330 meter persegi ini terletak di antara makam Rasulullah SAW (dan mimbar tempat beliau berdakwah). Tempat ini di tandai dengan karpet berwarna hijau yang kontras dengan lantai masjid berwarna merah di sekitarnya.

BACA JUGA: Berziarah ke Makam Rasulullah, Simak Doa dan Adabnya

Ini Dia Keistimewaan Raudhah Taman Surga

Keunikan Raudhah taman surga tidak hanya terletak pada keindahannya saja, namun juga pada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda, “Antara rumahku dan mimbarku ada taman dari taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hadits ini memberikan landasan konsep bahwa shalat yang di panjatkan pada saat Raudhah lebih mujarab.

Tak heran, Raudhah selalu ramai di kunjungi peziarah. Mereka berkumpul bersama, berharap Allah SWT mengabulkan doa mereka. Suasana melankolis dan antisipatif melingkupi kawasan tersebut, sehingga menghasilkan pengalaman spiritual yang luar biasa.

Ada banyak etika yang harus di ikuti oleh pengunjung Raudhah. Jamaah laki-laki diinstruksikan masuk melalui pintu Umar, sedangkan jamaah perempuan diinstruksikan masuk melalui pintu Fatimah. 

Saat memasuki Raudhah disarankan untuk membaca shalawat dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Jemaah juga diimbau bersabar dan tidak mempermasalahkan posisi masing-masing, karena setiap jengkal Raudhah sama pentingnya.

Mengunjungi Raudhah ibarat memasuki surga dunia. Keindahan, kesucian, dan supremasinya menjadikannya destinasi unik yang dicari umat Islam di seluruh dunia.

BACA JUGA: Raudhah Artinya dalam Hadis dan Al-Quran

Mengapa Raudhah Disebut Taman Surga?

Sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas, perumpamaan Nabi Muhammad SAW tentang Raudhah ibarat taman di surga. Namun, apa sebenarnya maksud dari perumpamaan tersebut?

1.  Raudhah Merupakan Tempat Mengingat Allah SWT

Raudhah taman surga dikenal karena Allah SWT melimpahkan rahmat dan kebahagiaan di sini. Umat ​​Islam yang mengunjungi lokasi ini akan terlibat dalam mengingat dan bertaqwa secara luas kepada Allah SWT. Maka niscaya Dia menjanjikan surga bagi siapa saja yang ingin mengingat Allah SWT.

2.  Allah SWT Mengangkat Raudhah Sebagai Taman Surga

Raudhah dikenal dengan Taman Surga karena Allah SWT akan memindahkannya ke surga setelah dunia berakhir. Jadi, secara harfiah Raudhah adalah taman surga, umat islam yang mengunjungi tempat ini akan dibuat terpana oleh bangunannya yang indah dan tempatnya yang nyaman.

3.  Berada di Raudhah Ibarat Duduk di Taman Surga

Raudhah taman surga adalah siapa yang berdoa di dalamnya akan dapat melihatnya di surga. Karena Raudhah sangat di hargai dan diutamakan. Siapa pun yang berdoa di sana, dia merasa seolah-olah sedang duduk di taman surga.

Bagaimana bisa? Kecuali Masjidil Haram, ibadah di Masjid Nabawi 1000 kali lebih efektif. Oleh karena itu, disunnahkannya shalat raudhah, baik fardhu maupun sunnah, I'tikaf, duduk berdzikir, atau membaca Al-Qur'an agar memperoleh manfaat ganda.

BACA JUGA: Waktu Berdoa yang Mustajab dikabulkan

Raudhah Menjadi Tempat Mustajab untuk Berdoa

Raudhah merupakan salah satu tempat beribadah yang paling efektif, sehingga tak heran jika banyak peziarah yang ingin berkunjung dan beribadah di sana. Beragam ibadah di Raudhah bisa Anda lakukan, antara lain salat, dzikir, dan i'tikaf. Jika berkesempatan beribadah di Raudhah, pilihlah doa yang terbaik untuk dipersembahkan kepada Allah SWT.

Anda juga bisa mempersiapkan doa-doa ini di rumah sebelum berangkat ke Tanah Suci. Anda bisa berdoa tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang-orang terdekat dan seluruh komunitas Muslim. Atau mungkin menerima doa dari keluarga, teman, dan orang lain. Umat islam dapat berdoa doa-doa ini di Raudhah.

Raudhah taman surga merupakan destinasi jangka pendek, terutama pada musim haji atau umrah. Harus bersikap toleran terhadap jamaah lain yang ingin masuk Raudhah. Jadi kalian harus bergantian menempati spot-spot yang ada di Raudhah.

Jamaah laki-laki mempunyai kebebasan memilih waktu sholat di Raudhah karena lokasinya diperuntukkan bagi jamaah laki-laki. Namun, jamaah haji wanita mempunyai jadwal sholat khusus di Raudhah. Khususnya pada saat Dhuha, Dzuhur, dan Isya.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Raudhah yang terletak di salah satu masjid paling dihormati umat Islam yaitu Masjid Nabawi. Jika Anda ingin mengunjungi Raudhah taman surga Anda bisa merencanakan sekarang juga untuk memanjatkan doa di tempat yang mustajab.

Baca Juga

Penghafal Al-Quran yang Sejati: Menjaga Kemuliaan dan Menjauhi Penyakit Hati

Heri Mahbub
October 17, 2024
Menjadi Penghafal Al-Quran adalah kemuliaan, kebanggan, dan kesehatan hati karena ia adalah As-Syifa. Tetapi penyakit hati dapat menghambat proses ini. Mari kita kenali beberapa penyakit hati yang sering mengganggu jiwa seorang penghafal Al-Qur'an.
Selengkapnya

Hidupmu Sebening Tilawah Al-Qur'an: Temukan Ketenangan dan Kebahagiaan

Heri Mahbub
October 9, 2024
 Bagaimana Tilawah, Tadabur, Membaca, Menghayati, Mengamalkan, dan Menghafal Al-Qur'an Membawa Kedamaian dan Kebahagiaan dalam Hidup? Baca Selengkapnya!
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021