Artikel

Rumah Tangga Terbaik adalah Rasulullah Saw

Heri Mahbub

June 6, 2024

Temukan bagaimana gambaran rumah tangga Rasulullah Saw dan pelajari tips membangun keluarga bersama pasangan sesuai ajaran Nabi Muhammad Saw.

Teladan Keluarga Terbaik dari Ayah Bunda dan Anak

Membina rumah tangga bersama pasangan tentunya menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam hidup. Karena siapapun pasti ingin membina keluarga yang harmonis bersama pasangan sampai maut memisahkan.

Namun berbicara kerumahtanggaan, tentu ada banyak panutan yang bisa dijadikan sebagai teladan. Bagi umat muslim, keluarga Nabi Muhammad Saw tentu bisa jadi salah satu acuan bahkan kewajiban dalam membina keluarga.

Rasulullah Saw merupakan contoh teladan yang luar biasa dalam berumah tangga. Bukan hanya sebagai seorang pemimpin keluarga, namun juga perihal bagaimana dalam memperlakukan pasangan maupun anak-anaknya.

BACA JUGA: Perbedaan Manusia Biasa dengan Rasulullah, Simak Penjelasannya

Gambaran Rumah Tangga Nabi Muhammad Saw

Nabi Muhammad Saw adalah sosok yang bisa Anda jadikan sebagai teladan dalam membina keluarga. Karena Rasulullah adalah seorang yang terkenal dengan kecintaannya terhadap anak kecil, belas kasihan kepada hewan, kepedulian terhadap yang lemah serta menghormati kaum perempuan.

Hal ini dibuktikan dalam tindakannya ketika membina rumah tangga bersama pasangan. Rasulullah tidak pernah memandang dirinya sebagai penguasa sedangkan anggota keluarga lain, anak dan istri, sebagai hamba.

Namun, ia selalu menganggap semua orang di dalam keluarga adalah sama pentingnya. Baik itu pasangan atau istri dan anak-anaknya, dianggap sebagai bagian penting dari sebuah kesatuan bernama keluarga.

Selain itu, meski sebagai seorang kepala keluarga, namun Rasulullah tetap ikut serta dalam tugas-tugas rumah. Hal ini termasuk juga melibatkan diri dalam pengasuhan anak dan cucunya.

Kepada pasangan, Rasulullah juga selalu memperlakukan para istrinya dengan penuh kehormatan. Berikut adalah gambaran bagaimana rumah tangga Rasulullah Saw yang bisa Anda jadikan sebagai contoh teladan.

BACA JUGA: 4 Contoh Akhlak Kepada Rasulullah

1.      Rumah Rasulullah Dihiasi dengan Ibadah

Bagi umat muslim pastinya sudah paham bahwa tujuan utama dari menikah adalah sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Oleh karenanya, Anda bisa meniru keluarga Rasulullah yang selalu menghiasi rumahnya dengan ibadah.

Rasulullah selalu mengajak istrinya untuk beribadah bersama, shaum sunnah dan beberapa ibadah lain yang bisa dikerjakan bersama-sama. Jadi, Anda sebagai umat muslim dan pemimpin keluarga bisa mencontohnya.

2.      Jauh dari Kemarahan dan Kebencian

Dalam kehidupan rumah tangga, Rasulullah selalu jauh dari kemarahan dan juga kebencian. Nabi Muhammad Saw sendiri merupakan orang yang santun dan penyabar sehingga tidak pernah mengeluarkan kata-kata kasar maupun ringan tangan kepada istri maupun anaknya.

Bahkan diceritakan bahwa Rasulullah pernah pulang ke rumah larut malam. Karena enggan mengganggu Aisyah yang sudah tertidur lelap, Beliau memutuskan untuk tidur di depan pintu rumahnya.

3.      Lemah Lembut dan Kasih Sayang

Sikap lemah lembut dan penuh kasih sayang adalah cerminan keluarga Nabi Muhammad Saw. Rasulullah mengibaratkan seorang istri seperti halnya tulang rusuk, ketika diluruskan secara paksa maka bisa patah.

Akan tetapi, apabila dibiarkan maka akan tetap bengkok tanpa perubahan. Maka dari itu, seorang suami sudah semestinya menjalankan fungsi sebagai pemimpin namun dengan cara-cara yang penuh kasih sayang.

4.      Pandai Menyenangkan Hati Istri-Istrinya.

Rasulullah adalah figur yang sangat mencitai para istri-istrinya dan selalu berusaha untuk menyenangkannya. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah yang kala itu sudah berumur, mau meladeni istrinya Aisyah untuk lomba lari.

Sebagai seorang pemimpin di rumah tangga, suami haruslah bisa menyenangkan anggota keluarga termasuk istrinya. Misalnya saja dengan mengajak pasangan jalan-jalan, belanja bersama, membantu pekerjaan rumah dan semacamnya.

BACA JUGA: Sehat Ala Rasulullah, Beginilah Polanya

Tips Menjaga Keharmonisan Sesuai Tuntunan Rasulullah Saw

Telah dijelaskan bagaimana Gambaran rumah tangga Rasulullah Saw. Guna membangun keluarga harmonis sesuai teladan Nabi Muhammad Saw, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Usahakan untuk tidur bersama pasangan Anda dengan satu selimut untuk menjaga keharmonisan. Berikutnya, biasanya untuk makan dan minum bersama, bahkan sepiring berdua atau minum dari gelas yang sama untuk meningkatkan keharmonisan.

Sering-seringlah untuk mencium istri Anda, bukan hanya wajah namun bisa juga mencium tangannya. Anda juga bisa menyisir dan membelai rambut pasangan, meski terkesan sederhana namun efektif untuk menjaga keharmonisan bersama pasangan.

Anda juga bisa membantu pekerjaan rumah, baik itu menyapu atau hal-hal lain yang bisa dilakukan. Kemudian, panggilah pasangan atau istri Anda dengan mesra seperti apa yang dilakukan Rasulullah kepada para istrinya.

Kemudian, luangkan waktu bersama pasangan bisa dengan mengobrol atau melakukan hal yang disukai. Dengan semua tips ini, Anda bisa meningkatkan kehamornisan rumah tangga sesuai teladan Rasulullah Saw.

Wallahu'alam

By Heri Mahbub

Quran Cordoba, Memberi Inspirasi untuk Cinta dan Hidup bersama Al-Quran

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021