Sehat Ala Rasulullah, Beginilah Polanya

Heri Mahbub

June 20, 2024

Menjalani pola hidup sehat ala Rasulullah bisa ditiru dan diterapkan langsung ke dalam kehidupan sehari-hari dari olahraga, berpuasa dan lainnya.

Mengatur Pola Makan kunci Hidup Sehat

Ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, Anda dapat meniru cara hidup sehat ala Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul terakhir dan menjadi teladan yang baik bagi umat muslim di bumi.

Tidak hanya dalam kehidupan ibadahnya saja, Rasulullah juga memiliki pola serta gaya hidup yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Bahkan, menurut sejarah tercatat Rasulullah hanya pernah 2 kali sakit selama hidupnya yaitu saat diberi racun oleh orang Yahudi dan menjelang wafatnya.

Menerapkan Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Rasulullah SAW dikenal menjalani gaya hidup sehat sepanjang hidupnya, padahal pada zaman tersebut belum ada ahli kesehatan atau ahli gizi seperti pada zaman sekarang. Apalagi menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting agar aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan baik begitu juga dengan aktivitas beribadah.

1.     Pola Olahraga

Pola hidup sehat Ala Rasulullah yang pertama adalah menjaga tubuh agar bisa tetap bugar serta juga sehat. Oleh karena itu, beliau terbiasa melakukan beberapa kegiatan olahraga.

Baginda Rasul mengawali harinya dengan rutin berjalan kaki apalagi udara pagi masih segar dan baik untuk kesehatan. Beberapa aktivitas olahraga yang digemari oleh Rasul adalah berkuda, memanah, menunggang unta hingga berlari.

2.      Menjaga pola makan

Rasul juga mengonsumsi makan-makanan yang sehat, bergizi serta tentunya halal. Menu sarapannya adalah 7 butir kurma ajwa yang memiliki khasiat menghindarkan dari berbagai racun serta juga sihir.

Hal ini telah dijelaskan melalui hadist riwayat bukhari dan muslim yang berbunyi “ barang siapa yang memakan tujuh butir kurma ajwa di pagi hari secara rutin maka racun serta sihir tidak akan mencelakainya pada hari itu”.

Selain kurma, baginda Rasul juga teratur secara teratur meminum segelas air putih serta madu untuk sarapannya. Setelah dilakukan penelitian, sarapan sehat ala Rasulullah tersebut dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Setelah sarapan, baginda rasul baru akan makan ketika sudah merasa lapar dan akan berhenti sebelum merasa kenyang.

3.      Menjaga adab ketika makan dan minum

Selain menjaga pola makannya, beliau juga selalu menjaga adab makan dan minum. Adab makan serta minum yang dijalani oleh Nabi Muhammad SAW adalah selalu membaca doa sebelum serta sesudah makan.

Saat makan dan minum Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk selalu dalam posisi duduk. Menurut penelitian makan dan minum dalam posisi duduk akan membuat makanan tersebut tercerna dengan maksimal di dalam tubuh.

Makanan yang bisa tercerna dengan maksimal juga akan meningkatkan kesehatan tubuh. makanan yang tercerna dengan cepat juga akan membuat tubuh lebih cepat menyerap energi.

4.      Berpuasa

Seluruh umat muslim yang beriman diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan di setiap Ramadhan. Selain itu, umat muslim juga disunnahkan untuk berpuasa pada hari-hari tertentu seperti senin dan kamis.

Amalan puasa ini selain berpahala ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. puasa memiliki manfaat untuk membersihkan zat dan racun yang menumpuk di dalam tubuh seperti ginjal, organ pencernaan serta masih banyak lagi.

5.      Menjaga kebersihan tubuh

Terakhir untuk tips sehat ala Rasulullah menjaga kebersihan tubuh. Tubuh yang bersih otomatis kesehatan tubuh juga lebih terjamin. Oleh sebab itu, Rasul selalu berusaha untuk menyempurnakan wudhu dan terbiasa mencuci tangan hingga sela jari.

Kebiasaan baginda Rasul lainnya untuk menjaga kebersihan adalah dengan bersiwak. Bersiwak memiliki manfaat membersihkan gigi serta mulut, setelah itu berkumur dengan wudhu.

Tips agar dapat Konsisten Menerapkan Pola Hidup Ala Rasulullah

Saat mencoba menjalani pola hidup sehat ala Rasulullah tentu diantara Anda pasti akan merasa kesulitan. Apalagi menjaga pola hidup sehat secara konsisten pada zaman sekarang. Untuk membantu Anda melakukan pola hidup sehat yang konsisten berikut ini beberapa tipsnya.

1.      Membuat komitmen dalam diri sendiri

Buat komitmen dan target-target pencapaian agar Anda bisa lebih termotivasi. Tulis komitmen pada secarik kertas serta tempelkan pada tempat yang sering terlihat.

2.      Melakukan secara bertahap, tidak perlu terlalu berambisi

Jangan terlalu berambisi, Anda bisa memulainya dengan langkah kecil dan lakukan secara bertahap. Mengubah pola hidup berarti mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru serta semuanya perlu proses.

Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan oleh para muslim, ini adalah bentuk rasa syukur atas kondisi sehat yang diberikan oleh Allah. Menjalani hidup sehat ala Rasulullah bisa menjadi cara Anda untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bersyukur atas segala kenikmatan yang telah Allah berikan.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021