Artikel

Tafsir Ayat Al-Quran Tentang Masa Depan Manusia

Heri Mahbub

June 4, 2024

Mengetahui tafsiran ayat Al-Quran tentang masa depan yang bisa kita amalkan demi mendapatkan kenikmatan di surga Allah kelak.

Perputaran waktu adalah Sunnatullah

Jika Anda sedang mencari pembahasan mengenai tafsir ayat Al-Quran tentang masa depan bagi manusia dan seisi jagat raya. Maka Anda menemukan artikel yang tepat, karena hal itu juga yang akan menjadi topik utama pembahasan kali ini.

Dikenal dari sumber dari segala sumber, Al-Quran menyediakan hampir semua pengetahuan bahkan sebelum pengetahuan tersebut ditemukan. Bahkan sudah ada banyak sekali ilmuan dunia yang menjadi muslim karena mengagumi isi dari Al-Quran.

Sebagai umat muslim, tentu kita diwajibkan untuk mengimani segala isi dan tafsiran yang ada di dalam Al-Quran. Dengan begitu kita bisa menjadi salah satu umat terpilih yang mendapatkan perlindungan dari Allah SWT di akhirat kelak.

Tafsir dan Arti Ayat Al-Quran Tentang Masa Depan Kita

Di dalam Al-Quran terkandung berbagai macam pengetahuan, perintah, dan juga kisah para nabi serta manusia terdahulu. Namun Al-Quran juga mengandung beberapa ayat yang jika isi dan tafsirannya menjelaskan mengenai masa depan umat manusia.

Pada dasarnya ayat yang masuk ke dalam pembahasan ayat Al-Quran tentang masa depan ini merupakan ajakan atau anjuran kepada kita untuk selalu berada di jalan Allah SWT. Dengan begitu kita bisa mendapatkan kenikmatan dan terhindar dari siksa neraka yang pedih.

Pastinya Anda penasaran bukan apa saja ayat dan surat yang membahas mengenai masa depan manusia? Tidak perlu berlama-lama lagi, Anda bisa menyimak pembahasan yang sudah kami siapkan mengenai hal tersebut di bawah ini.

1.      Surah Al-Baqarah ayat 285-286

Surat pertama yang mengandung ayat Al-Quran tentang masa depan adalah surat Al-Baqarah. Termasuk sebagai surat berada pada bagian depan kitab membuatnya menjadi salah satu surat paling sering dibaca oleh umat muslim.

Ayat Al-Quran yang menceritakan tentang masa depan manusia di dalam surat Al-Baqarah memiliki tafsir sebagai berikut. Kedua ayat ini mengajarkan tentang iman, dan keyakinan kepada Allah SWT, malaikat, kitab, dan juga para rasul. Selain itu dijelaskan juga kalau semua perbuatan kita didunia sangat berpengaruh terhadap nasib kita nanti.

2.      Surah Al-Imran ayat 185

Surat lain yang masuk ke dalam pembahasan ayat Al-Quran tentang masa depan adalah surat Al-Imran ayat 185. Surat ini merupakan surat ketiga di dalam Al-Quran dan merupakan surat lanjutan setelah surat Al-Baqarah.

Surat Al-Imran ayat 185 memiliki tafsir yaitu menjelaskan bahwa setiap makhluk hidup pasti akan mati. Dan pada hari kiamat manusia akan menerima balasan sempurna atas amal perbuatannya ketika hidup di dunia.

Pada ayat ini Anda akan diingatkan bahwa kehidupan dunia hanyalah sementara sedangkan kehidupan di akhirat adalah kekal atau selamanya. Jadi yang seharusnya Anda kejar dan prioritaskan adalah kehidupan akhirat.

3.      Surah Al-Zalzalah ayat 7-8

Tidak berhenti sampai disitu, masih ada surat lain yang di dalamnya terdapat ayat Al-Quran tentang masa depan manusia yaitu surat Al-Zalzalah ayat 7-8. Kedua ayat ini juga menjadi salah satu yang sering disampaikan oleh para pemuka agama kepada jamaahnya.

Kedua ayat ini memiliki tafsir yaitu mengajak kita untuk selalu berbuat dan beramal baik kepada siapapun dan sekecil apapun. Sebab hal tersebut akan dicatat dan akan memberatkan timbangan amal baik kita di hari kiamat nanti.

Ayat ini juga mengajarkan kepada kita untuk selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan di dunia. Karena baik buruknya keputusan tersebut, semuanya akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

4.      Surah Al-Infitar ayat 13-15

Surat Al-Infitar merupakan surat nomor 83 dan menjadi salah satu surat yang banyak dibaca dalam berbagai kesempatan. Di dalam surat ini juga terdapat ayat Al-Quran tentang masa depan manusia di akhirat nanti.

Pada surat ini terkadung tafsiran yang membahas mengenai perbuatan baik yang dilakukan di dunia akan mendapatkan hasil dan ganjaran di surga kelak. Begitu juga sebaliknya ketika Anda melakukan maksiat maka Anda juga akan mendapatkan dosa dan mendapatkan siksa pedih di neraka.

Sudah seharusnya kita membaca Al-Quran setiap hari karena bisa memberikan kita manfaat baik di dunia maupun di akhirat kelak. Banyak yang sudah membuktikannya bahwa membaca Al-Quran bisa menimbulkan banyak sekali manfaat bagi kita apalagi jika Anda mengetahui tafsiran dari ayat Al-Quran tentang masa depan.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021