Artikel

Waktu Berdoa yang Mustajab dikabulkan

Heri Mahbub

June 7, 2024

Pelajari kapan waktu berdoa terbaik bagi umat muslim untuk meminta pertolongan-Nya. Simak penjelasan dan landasan dari waktu terbaik memanjatkan doa.

Berdoa Intinya Penghambaan kepada-Nya

Sebagai umat beragama, menyempatkan waktu berdoa kepada sang pencipta merupakan salah satu kewajiban. Termasuk dalam agama Islam, doa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Ayat tersebut merupakan bukti bahwa Allah SWT memerintahkan umatnya untuk senantiasa berdoa kepada-Nya. Jadi berdoalah agar permintaan atau harapan Anda diijabah oleh-Nya. Namun, sudahkah Anda tahu kapan waktu terbaik untuk berdoa?

Ini Dia Waktu Berdoa yang Mustajab

Faktanya ada beberapa waktu terbaik agar setiap doa Anda diijabah oleh Allah SWT. Agar Anda tidak salah, berikut adalah beberapa waktu terbaik untuk memanjatkan doa yang mustajab kepada Allah SWT.

1.      Saat Antara Adzan dan Iqomah 

Pertama, saat-saat terbaik untuk memanjatkan doa kepada Tuhan adalah antara adzan dan iqomah. Setelah adzan berkumandang dan sebelum iqomah, merupakan momen terbaik untuk berserah diri dan meminta kepada-Nya.

Bukan sembarangan, ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Sabda tersebut berbunyi “Jika adzan untuk sholat telah dikumandangkan, maka dibukalah pintu-pintu langit, dan doa pun dikabulkan.” (HR. Ahmad dan Turmudzi). 

2.      Saat Sujud dalam Salat

Berikutnya, waktu berdoa terbaik dan mustajab adalah ketika sujud dalam salat. Memanjatkan doa kepada Allah SWT di saat sujud dalam salat sangat mustajab dan mudah dikabulkan.

Anjuran untuk memanjatkan doa saat sujud dalam salat ini sesuai dengan Hadist Riwayat Muslim, 482. “Rasulullah bersabda: Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.”

3.      Saat Setelah Sholat Wajib 

Salat adalah ibadah wajib bagi umat muslim. Namun, tidak sedikit orang yang setelah selesai melakukan salat, akan langsung meninggalkan tempatnya untuk melanjutkan kesibukannya dengan urusan dunia.

Faktanya, langsung bergegas pergi setelah salat tanpa berdoa terlebih dahulu sangatlah disayangkan. Karena waktu berdoa terbaik yang mustajab adalah ketika selesai menunaikan salat wajib, jadi jangan disia-siakan.

Bukan sembarangan, anjuran ini tertuang dalam kitab Suci Al-Quran surat An-Nisa ayat 103. “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat, berdzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk, ataupun berbaring, di atas lambung-lambung kalian.”

Selain itu, juga ada Hadist riwayat Tirmidzi yang menjelaskan keutamaan waktu berdoa setelah salat wajib. Rasulullah SAW pernah ditanya, “Wahai Rasulullah, kapankah doa yang paling didengar Allah?” Kemudian beliau menjawab, “Doa di tengah malam dan doa setelah sholat fardhu.”

4.      Saat Sepertiga Malam Terakhir 

Sepertiga malam terakhir merupakan waktu berdoa terbaik berikutnya yang mustajab dan pasti dikabulkan. Ini adalah jam mendekati subuh atau di waktu sahur, panjatkan doa kepada-Nya.

Sepertiga malam terakhir memang menjadi momen paling special dan banyak sekali amalam yang bisa Anda lakukan. Termasuk memanjatkan doa-doa terbaik dan keinginan kepada Sang Pecipta.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu ada suatu waktu yang jika kebetulan seorang muslim berdoa meminta kebaikan dunia dan akhirat ketika itu, maka Allah akan mengabulkan doanya. Dan waktu yang mustajab itu ada terus setiap malam.” (HR. Ahmad dan Muslim). 

5.      Saat Hari Jumat 

Berikutnya adalah saat hari jumat, salah satu hari yang mulia dalam agama Islam. Di hari ini, ada banyak sekali amalan sunnah yang bisa dilakukan, termasuk menjadi waktu berdoa terbaik dan mustajab.

Rasulullah Saw bersabda, “Pada hari Jumat itu ada saat yang apabila kebetulan seorang muslim sholat sambil meminta sesuatu kepada Allah Swt, maka Allah akan memberi apapun yang ia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

6.      Saat Malam Lailatul Qadar 

Berikutnya adalah ketika malam Lailatul Qadar, malam 1000 bulan dan menjadi malam paling baik dibanding malam lainnya. Memang tidak ada yang tahu kapan waktu pastinya. Namun yang jelas, malam ini ada di malam-malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan.

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu para malaikat turun, tak terkecuali malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbitnya fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-4). 

7.      Saat Hujan Turun 

Berikutnya adalah ketika hujan turun, karena hujan adalah berkah bagi umat muslim. Rasulullah SAW bersabda, “Dua orang yang tidak ditolak doanya adalah ketika adzan dan ketika rapatnya barisan saat perang.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Dan ketika hujan turun.” (HR. Abu Dawud). 

Itu dia beberapa waktu terbaik untuk memanjatkan doa untuk meminta kepada Allah SWT. Jadi, panjatkan doa terbaik Anda di waktu berdoa paling mustajab yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021