Artikel

Warisan Khilafah Utsmani Turki untuk Dunia Zaman Modern

Heri Mahbub

June 10, 2024

Warisan Khilafah Utsmani Turki jadi bukti kejayaan Islam pada masanya yang masih bisa dinikmati hingga sekarang dengan berbagai daya tariknya.

Masjid Hagia Sofia Warisan Kejayaan Islam

Warisan Khilafah Utsmani Turki jadi salah satu bukti peradaban Islam yang cukup maju pada zamannya. Turki sendiri merupakan negara yang letaknya pada kawasan Eropa-Asia. Terdapat banyak sejarah di negara satu ini yang bisa terlihat melalui bangunannya.

Tidak hanya itu, kehidupan kawasan ini juga menggambarkan bagaimana dulu Islam pernah berjaya. Negara ini memiliki peranan penting dalam perkembangan Islam yang masih bisa terlihat hingga sekarang.

Kawasan ini juga pernah menjadi saksi kekhalifahan Islam tertua yang ada di dunia. Pada zamannya, kesultanan Utsmani pernah menguasai sepertiga dari luas dunia. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya bangunan bersejarah sebagai saksi kejayaan Islam di Eropa.

Daftar Warisan Khilafah Utsmani Turki di Zaman Modern

Ada banyak peninggalan dari masa kejayaan kesultanan ottoman. Bahkan beberapa diantaranya telah menjadi tempat wisata yang mendapat banyak kunjungan dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut daftar peninggalan kejayaan Islam di Turki:

1.      Hagia Sophia

Hagia Sophia jadi salah satu peninggalan kesultanan ottoman yang semula berfungsi sebagai masjid. Namun pada beberapa puluh tahun yang laluHagia Sophia telah mengalami alih fungsi sebagai museum sekaligus tujuan wisata terkenal. Namun akhir-akhir ini kembali difungsikan sebagai masjid.

Dalam bahasa Latin Hagia Sophia memiliki nama lain berupa Sancta Sophia. Untuk letaknya sendiri berada di Istanbul sebagai bangunan tua penuh sejarah. Tidak hanya berisi sejarah, namun juga mempunyai sentuhan arsitek indah dan berukuran besar.

Hagia Sophia jadi warisan Khilafah Utsmani Turki bernilai tinggi karena dipenuhi oleh properti dari masa kesultanan. Terlebih setelah kesultanan menguasai kawasan Istanbul tepatnya di tahun 1453. Awalnya Hagia Sophia merupakan sebuah gereja Kristen.

Hagia Sophia jadi warisan sekaligus bukti kejayaan islam pada masanya. Keberadaan bangunan ini tentunya memberi nilai sejarah tersendiri.

2.      Istana Topkapi

Topkapi jadi daftar peninggalan kejayaan kekhalifahan selanjutnya yang ada di Turki. Topkapi menjadi kediaman resmi dari para sultan lebih dari 600 tahun. Untuk lokasinya sendiri berada di Istanbul yang dibangun pada tahun 1459.

Istana Topkapi merupakan warisan Khilafah Utsmani Turki berupa komplek kerajaan yang terdiri dari beberapa bangunan. Termasuk di dalamnya lapangan utama sebanyak empat serta beberapa bangunan kecil.

Selain merupakan kediaman para raja, Istana Topkapi juga banyak digunakan untuk perayaan berbagai acara kerajaan maupun kenegaraan. Pada zaman sekarang, Istana Topkapi menjadi tempat menarik bagi para wisatawan.

Bangunan ini bahkan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia versi UNESCO. Setelah masa kesultanan berakhir, Topkapi menjadi museum berisi berbagai peninggalan penting dalam sejarah.

3.      Museum Mevlana

Daftar warisan Khilafah Utsmani Turki berikutnya adalah Museum Mevlana. Letak dari museum yaitu berada di Konya, Anatolia. Kota ini cukup terkenal bagi para wisatawan baik domestik maupun internasional karena banyak mendapat kunjungan.

Sampai saat ini, museum telah mendapat kunjungan dari banyak wisatawan dengan jumlah mencapai hingga jutaan orang setiap tahunnya. Terkenal juga dengan sebutan Rose Garden karena terdapat banyak bunga mawar di dalamnya.

Jika berkunjung pada musim semi, kebun akan terlihat sangat cantik dengan bunga mawar yang memenuhi. Ribuan bunga mekar saat musim semi sehingga seluruh area museum tercium bau wangi.

4.      Blue Mosque

Blue Mosque atau Sultanahmet Camii merupakan bangunan peninggalan kesultanan Turki dengan interior yang cukup dominan. Untuk pembangunannya sendiri yaitu pada tahun 1609 hingga 1616.

Hal cukup menarik dari Sultanahmet Camii adalah kaligrafi pada bangunan. Setiap sudut dari bangunan dilengkapi dengan kaligrafi bernilai seni. Bahkan hingga sekarang masih berfungsi sebagai masjid atau tempat ibadah umat Islam.

5.      Masjid Raya Sulaiman

Merupakan warisan Khilafah Utsmani Turki yang juga terkenal. Bangunan ini juga cukup bersejarah yang terletak di Fatih sebagai kawasan terkenal di Istanbul. Menjadi salah satu peninggalan pada zaman kejayaan kerajaan Turki Ustmani.

Pada era pembangunan 1550 sampai dengan 1557 memiliki arsitektur yang cukup mengesankan. Struktur bangunan sangat megah dengan kubah berukuran besar serta banyak taman di dalamnya.

Sentuhan berkelas berupa jendela mutiara, keramik tradisional, serta kaca patri. Bahkan berdasarkan perkiraan terdapat ribuan koin emas untuk pembangunan masjid ini. Tidak heran jika keberadaannya jadi tempat paling ikonik peninggalan kesultanan Ottoman.

Selain berbagai tempat tersebut, ada banyak daftar warisan lainnya yang tidak kalah menarik. Termasuk di dalamnya yaitu Kappalicarsi sebagai tempat perdagangan sejak zaman kesultanan dengan berbagai pernak-pernik khas Turki.

Turki merupakan salah satu negara yang menjadi saksi kejayaan Islam pada masanya. Banyak warisan Khilafah Utsmani Turki yang masih bisa dinikmati hingga kini dan berbagai tempat tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Baca Juga

Kejayaan Islam Tidak Terpisahkan dari Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi dan Pedoman

Abu Azam
August 22, 2024
Kejayaan Islam tidak akan pernah terpisahkan dari peranan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Pada kesempatan kali ini, mari mengkaji bagaimana Al-Qur’an menjadi pondasi yang menggerakan umat Islam menuju kejayaan dari berbagai aspek kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan, budaya, dan moralitas.
Selengkapnya

IQH 2024: Menguatkan Persatuan Bangsa dengan Semangat Al-Qur'an di Bulan Kemerdekaan

Heri Mahbub
August 21, 2024
Apa itu Indonesia Quran Hours (IQH), bagaimana sejarah, tujuan, dan gerakannya? Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2017 di Pusda’i Kota Bandung, acara ini telah berkembang menjadi salah satu gerakan spiritual inspirasi Qur’an terbesar di Indonesia. Mengajak jutaan umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai dalam Al-Qur'an.
Selengkapnya
Official Store
tokopedia-cordoba
Follow Us
Kantor Pusat
Jl. Sukajadi no. 215 Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung,
‍Tlp : (022) 2008 776
Kantor Pemasaran Jakarta
Jalan Raya Kodau Kavling P&k No.174 Jatimekar - Jatiasih Bekasi 17422
Tlpn : 02184981836
Kantor Pemasaran Surabaya
Jl. Ketintang Madya II No. 5 D, Kel. Karah , Kec Jambangan Kota Surabaya - Jawa Timur 60232
qurancordoba.com - Copyright 2021